Bermain Football Manager di Facebook


Satu hal yang paling tidak saya sukai pada kebanyakan permainan (Game) yang ada di Facebook adalah melibatkan orang lain (teman Facebook) dalam memainkannya. Semakin tinggi level permainan, maka akan semakin banyak teman Facebook yang harus dilibatkan. Hal ini tentu menjadi masalah, karena tidak semua teman di Facebook memainkan atau menyukai permainan yang sama. Di samping itu, teman yang diajak untuk ikut bermain bersama anda tersebut, boleh jadi terganggu oleh pemberitahuan-pemberitahuan yang ternyata hanya berisi tentang ajakan untuk ikut memainkan suatu game tertentu. Hal ini telah saya rasakan sendiri, betapa jengkelnya, ketika ada beberapa pemberitahuan yang ternyata hanyalah sebuah permintaan untuk memainkan suatu game tertentu yang tidak saya mainkan, lebih lagi jika game tersebut tidak saya sukai.

Top Eleven – Be a Football Manager on Facebook

“Top Eleven” adalah sebuah permainan Football Manager, yaitu permainan yang berisi berbagai hal yang berhubungan dengan manajemen suatu Tim Sepak Bola. Hal yang saya suka dari Game Top Eleven – Be a Football Manager di Facebook ini adalah karena sistem permainannya yang tidak mengharuskan saya melibatkan teman Facebook saya dalam permainan tersebut, terutama dalam upaya menaikkan level permainan. Di samping itu, saya tidak perlu terlalu konsentrasi pada game ini ketika berhadapan dengan akun Facebook saya, karena permainan ini tetap berjalan sendiri, meskipun saya tidak membukanya setiap saat.

Saat pertama kali memainkan Top Eleven – Be a Football Manager, anda bebas untuk membuat nama Tim yang akan anda kelola, Negara Tim tersebut, Nama Fans Clubnya, bahkan anda juga menentukan sendiri kewarganegaraan, negara tempat tinggal, hingga ke kota asal anda (Manager).

Selanjutnya, anda akan diserahi sebuah Tim kecil (Level 1) dengan kualitas pemain masih belum terlalu baik (rata-rata hanya “Bintang 3″). Tugas anda sebagai manager Tim tersebut adalah membawa Tim tersebut naik ke level yang lebih tinggi dengan cara mengatur formasi, mengatur posisi pemain, menetukan pola permainan, memilih siapa yang akan menjadi Kapten, siapa yang akan menjadi spesialisasi tendangan bebas, spesialisasi tendangan sudut, spesialisasi finalty, dan bahkan anda bisa juga bisa menentukan siapa pemain cadangan yang akan mengganti pemain yang mungkin cedera dalam permainan, terutama saat anda tidak sedang membuka Game tersebut saat pertandingan berlangsung.

Di luar masalah pertandingan, selain sebagai manager anda juga dituntut untuk menjadi pelatih bagi Tim anda. Dalam menu “Training”, anda dapat memilih jenis latihan yang akan anda berikan, mengatur intensitas latihan, memberikan latihan khusus kepada pemain yang anda inginkan, atau bahkan anda juga bisa membiarkan pemain-pemain tertentu untuk tidak mengikuti latihan karena memandang stamina mereka yang sedang kelelahan.

Masalah “Keuangan” (Finances) adalah tanggung jawab anda sebagai manager. Keuangan Club anda bersumber dari kontrak dengan pihak sponsor (ada 4 pilihan), kontrak dengan stasion TV (ada 4 pilihan), kebijakan dalam menentukan harga tiket pertandingan (Liga, Champion, dan Cup), serta income lain yang diperoleh dari “Utilities” atau fasilitas dan layanan umum di luar stadium anda, seperti restoran, kantin, toko, bahkan toilet umum. Anda juga dituntut bijak dalam menggunakan pinansial Club yang anda kelola, mulai dari menentukan berapa gaji pemain, bonus kemenangan, membangun dan memperbesar kapasitas dan fasilitas stadium, bahkan sampai urusan membeli pemain.

Saat saya menulis artikel ini, Top Eleven – Be a Football Manager telah disukai oleh lebih dari 3 juta orang di dunia, meskipun dalam sistem permainannya tidak menuntut anda untuk mengajak orang lain ikut dalam permainan, seperti pada umumnya permainan yang ada di Facebook. Inilah yang saya sebut, :arrow: “Laris tanpa menjual”

Sebagai menu pendukung, dalam Game ini disediakan menu “Competition” (jadwal permainan), yang terdiri dari, klasemen sementara pertandingan di Liga (26 pertandingan), Champions League (6 pertandingan di Grup sebelum masuk 16 besar), dan Cup (Beberapa tahap pertandinga Home-Away, sebelum masuk 16 besar). Melalui fitur ini, anda bisa mengatur: kapan dan perlu atau tidaknya para pemain melakukan latihan, melihat strategi dan formasi yang digunakan lawan, dan sebagainya.

***********************

Di antara teman saya yang memainkan game ini, ada beberapa yang menanyakan adakah Cheat untuk Game Top Eleven – Be a Football Manager ini? Namun seperti sering saya ungkapkan sebelumnya, bahwa orang yang memikirkan Cheat dalam menjalankan suatu permainan, adalah orang yang tidak fair. Bagaimana perasaan anda jika musuh anda curang dalam bermain dengan anda? Tentunya anda akan merasa kesal atau jengkel, bukan? Jadi, mencobalah untuk berpikir sebagai orang yang anda Zhalimi.!! :lol: seperti apa rasanya dizhalimi?

:arrow: Cara Bermain Top Eleven – Be a Football Manager

Cara bermainnya sebenarnya sangat gampang. Yang sulit adalah mengatur strategi yang akan digunakan. Anda dihadapkan pada Jadwal Pertandingan yang padat, terutama saat anda menduduki posisi 4 besar di Liga pada musim sebelumnya. Kenapa demikian? :?:
Karena jika anda masuk “Empat Besar” klasemen di akhir Liga (yang terdiri dari 26 kali pertandingan selama satu musim), maka pada musim berikutnya, anda akan mengikuti 3 kejuaraan secara bersamaan, yaitu pertandingan di Liga, Kualifikasi Liga Champions, dan Kejuaraan memperebutkan Piala.

Padatnya Jadwal pertandingan, akan berdampak pada stamina pemain-pemain anda. Untuk itu, anda memerlukan jumlah pemain yang lebih banyak, dan untuk itu, anda tentunya dituntut untuk membeli beberapa pemain tambahan pada musim transfer pemain. Jika anda memiliki kondisi pinansial (keuangan) yang baik, mungkin hal tersebut tidak terlalu jadi masalah, tetapi disinilah peran anda sebagai seorang manager club sepak bola. Bagaimana cara anda menjaga kondisi pemain, mengembangkan kualitas pemain, di antara jadwal pertandingan yang padat, dan dengan kondisi pinansial yang sebagian besar ditentukan oleh bonus kemenangan dalam pertandingan-pertandingan yang diikuti oleh Club anda.

Tahukah anda? Bahwa musim ini, Chelsea telah berhasil memenangkan Juara Liga Champions dan menyandingkannya dengan Piala FA (FA Cup), tetapi di sisi lain, Tim yang dikenal dengan sebutan The Blues gagal menduduki 4 besar di Liga Inggris. Dalam Top Eleven – Be a Football Manager juga demikian… :lol: Membawa Club anda memenangkan beberapa piala dalam satu musim, adalah hal yang luar biasa, karena pada umumnya pemain akan kelelahan karena dipaksa bermain dalam jadwal pertandingan yang padat… :(

:arrow: Cara Mendapatkan Uang dan Token

Cara mendapatkan Uang dan Token dalam permainan Top Eleven – be a Football Manager di Facebook adalah dengan menandatangani kontrak Hak Siar Televisi dan Kontrak Sponsorship, di samping beberapa sumber pinansial lainnya yang bisa diperoleh selama musim berjalan. Baik pihak sponsor, maupun Televisi, masing-masing menawarkan empat jenis kontrak, yaitu:

  1. Kontrak Sponsorship (Uang)
    • Season Contract:
      Kontrak langsung untuk satu musim liga. Dalam kontak ini, anda hanya perlu menanda tangani 1 kali kontrak selama satu musim penuh. Nilai kontrak yang disesuaikan dengan level tim anda. Semakin tinggi level tim, semakin tinggi juga nilai kontraknya. Hal ini juga berlaku pada jenis kontrak sponsorship lainnya.
    • Biweekly Contract:
      Kontrak selama 2 pekan. Dengan kontrak ini, anda akan mendapatkan keuangan dari sponsor untuk 2 pekan ke depan. Nilai kontrak memang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan “Season Contract, tetapi dalam satu musim, anda bisa melakukan 2 kali penandatanganan kontrak, yang berarti income untuk club anda dari pihak Sponsorship juga akan lebih besar
    • Weekly Contract:
      Kontrak per pekan. Dengan memilih kontrak sponsor secara mingguan, anda akan bisa melakukan 4 kali penandatangan kontrak, atau anda bisa memilih melakukan jenis kontrak lain.
    • Daily Contract:
      Kontrak harian. Jika dikalkulasi, penghasilan dari Kontrak sponsor secara harian ini, jauh lebih besar, dibandingkan dengan jenis kontrak sponsor lainnya. Tetapi anda dituntut untuk selalu membuka aplikasi permainan ini setiap hari. Jika anda tergolong orang yang tidak mempunyai waktu terlalu banyak untuk berselancar di Facebook, sebaiknya anda tidak memilih jenis kontrak sponsor ini. :lol:
  2. Kontrak Hak siar TV (Token)
    • Stable Income
      Mendapatkan Token setiap hari, meskipun anda tidak memainkan/membuka Top Eleven
    • Extra for Dedication
      Mendapatkan token tiap hari, dan bonus 1 token tiap 4 hari. Namun anda harus membuka Top Eleven setiap hari
    • Win for Tokens
      Mendapatkan 1 token, jika memenangkan setiap pertandingan di liga, 4 token jika menjadi juara liga, 2 token jika masuk kualifikasi liga Champions, dan 1 token lagi jika naik level.
    • Quick Bugs
      Langsung mendapatkan 4 token setiap kali kontrak.

:arrow: Sumber Pinansial lain

Seperti halnya memiliki sebuah Tim sepak bola, seorang manajer bisa mendapatkan income dari banyak sumber, selain dari pihak sponsor, yaitu:

  • Penjualan Tiket Pertandingan
    Anda bisa mengatur sendiri berapa harga tiket untuk tiap pertandingan, baik League, Champions League, Cup, maupun dalam pertandingan persahabatan. Namun satu hal yang perlu diperhatikan, siapa musuh yang anda lawan dalam suatu pertandingan? perhatikan level berapa lawan anda? Berapa posisi musuh anda dalam liga? Perhatikan juga kualitas para pemain club lawan anda…!!
  • Hadiah Pertandingan
    Setiap pertandingan dalam Top Eleven, kecuali persahabatan (Friendly Match) akan mendapatkan hadiah, tidak perduli menang atau kalah. Semakin tinggi level pertandingan, semakin tinggi pula hadiah yang akan anda dapatkan.
  • Kemenangan
    Saat anda menjadi juara liga, champions, dan piala, anda bisa melihat berapa yang hadiah yang anda dapatkan, pada menu “Rules & Prizes”
  • Fasilitas di sekitar Stadium
    Saat pertandingan dilaksanakan di stadium anda, maka kesempatan anda untuk mendapatkan income dari fasilitas yang anda sediakan di luar stadium, seperti: WC umum, penjualan makanan ringan, Cafe dan restoran, pusat perbelanjaan, Mall, dan Plaza. Untuk meningkatkan income dari fasilitas umum di sekitar stadium tersebut, anda harus meng-upgrade Utilities. Semakin besar fasilitas layanan umum yang anda miliki, maka akan semakin besar pula pemasukan yang akan anda terima, jika anda menjadi tuan rumah dalam pertandingan tersebut.
  • Menjual Pemain
    Cara lain menambah keuangan anda adalah dengan menjual pemain yang anda miliki.

:arrow: Cara Mengatur Training Pemain

:arrow: Next (beli Token via SMS)

Advertise:

Terms come from Web Search Engine:

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 29 Juni 2012, in Facebook, Game and tagged , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. beli token via pulsa dmn gan??

  2. lebih baik pakai kartu game on aja, lebih murah,,,

  3. mas klo cara dapetin pemaun free gmana ya?

  4. gan kenapa laptop saya kalo buat maen top eleven ga bisa buat ngatur jam pertandingan…padahal firefox dan flash player dah update….saya coba di netbook temen kok bisa yaa??????????

  5. Kalo pengaturan tiket bagus nya gimana gan??

  6. gan, knp aq suah kali masuk dalam permainan top eleven, kalo aq saerch pst dpt ganguan…..

  7. Gan gimana caranya buka Semua Sponsor TV….. Apa harus naik Lv atau gimana…. Soalnya gw baru Lv 2

  8. kenapa tidak ada jadwal teman top eleven di tim saya, padahal teman top eleven saya banyak ?

  1. Ping-balik: Membeli Token Top Eleven Via SMS « Khairil Yulian

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 63 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: