Mengatur Gaji untuk Kebutuhan 1 Bulan


Terkadang uang (gaji) sebesar apapun terasa tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan hidup kita di jaman sekarang ini. sebab banyak hal-hal yang mempengaruhinya diantaranya tingginya biaya hidup terlebih jika kita tinggal di kota besar. sehingga gaji yang seberapa besarpun terkadang tidak bisa mencukupi terlebih untuk menabung buat masa depan.

Berikut adalah tips yang bisa Anda lakukan untuk merencanakan aliran uang Anda tetap dalam jalur yang diinginkan.

  1. kita mesti berpikir jauh ke depan. membuat planing atau daftar pengeluaran yang cukup besar yang harus dipenuhi untuk masa yang akan datang misalnya pernikahan, hari kelahiran anak, liburan, dan lain sebagainya. hal ini dilakukan dengan menabung di bank yang dapat ditarik secara otomatis buat keperluan harian.
  2. membuat perencanaan keuangan khusus untuk bulan dan tahun ke depan, dan juga membuat sementara buat perhitungan pemasukan dan pengeluaran rata-rata per bulan Anda.
  3. Menyimpan bon dan kuitansi yang anda terima. misalnya pembayaran telepon, air, makan siang dan lain sebagainya kemudian bayangkan apakah semua itu bermanfaat atau tidak lalu mencari alternatif lainnya.
  4. Menahan godaan. Mungkin ini yang paling sulit dilakukan oleh para kaum wanita yang biasanya tergiur dengan diskon besar-besaran.
  5. Menabung. Khususnya untuk simpanan yang memakai jangka waktu.
  6. Menyimpan dan mencatat segala kebutuhan yang berkaitan dengan keuangan. namun catatan tadi jangan sampai tercecer apalagi jika berhubungan dengan identitas anda.
  7. Karena melakukan liburan biasanya membutuhkan biaya besar tak ada salahnya menyisipkan sedikit demi sedikit agar tak mengambil uang yang berbunga di manapun.

More Tips…

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 3 Agustus 2010, in Opini, Tips & Trick, Umum and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: