Alamat e-mail di Facebook


Facebook adalah sebuah website jaringan sosial yang paling digemari di dunia saat ini. Facebook juga dengan berani mengatakan “Mendaftar Gratis sampai kapanpun” di Home Page-nya, sehingga setiap orang di muka bumi dapat membuka akun di Facebook tanpa harus berpikir mengeluarkan biaya. Namun demikian, untuk membuat sebuah akun di Facebook, anda sekurang-kurangnya harus memiliki satu alamat e-mail. Dengan kata lain, untuk memiliki sebuah akun Facebook, setidaknya anda juga harus bisa membuat e-mail. Dalam membuat e-mail inipun bukan perkara yang terlalu sulit. Banyak domain yang menyediakan pembuatan e-mail secara gratis, sehingga meskipun pendaftaran Facebook masih mensyaratkan sebuah alamat e-mail, namun hal tersebut tetap bukan syarat yang berat bagi mereka yang ingin memiliki sebuah akun di Facebook.

Melihat dari begitu mudahnya mendaftar dan memiliki sebuah akun di Facebook, saya yakin kebanyakan pengguna Facebook memiliki lebih dari 1 (satu) akun Facebook…😆 Terserah, apakah anda mau mengakuinya atau membantahnya dengan alasan apapun… itu tidak penting buat saya…😆 Namun di sisi lain, saya juga mempunyai satu keyakinan, bahwa dari sekian banyak akun Facebook yang anda miliki, anda pasti mempunyai 1 akun Primer, yang pastinya itu lebih anda sayangi daripada akun yang lain.

Dalam tulisan ini, saya akan mencoba menguraikan pemikiran saya tentang Facebook dalam hubungannnya dengan alamat e-mail yang digunakan untuk masuk ke akun Facebook.

  1. Lupa Password E-Mail
    Permasalahan seputar Facebook yang paling sering saya temui adalah lupa Password e-mail, Hal ini dikarenakan tujuan awal dia membuat e-mail adalah semata untuk bisa mendaftar atau memiliki sebuah akun di Facebook. Sehingga pada saat ia tidak bisa masuk ke akun Facebooknya karena kesalahan password, ia tidak bisa menyelesaikannya permasalahan tersebut, karena ia tidak bisa mengakses e-mailnya.
    Saran saya, selain anda harus mengingat e-mail dan password untuk masuk ke akun Facebook anda, sebaiknya anda juga tidak melupakan password e-mail yang anda gunakan itu sendiri.
  2. Mengontrol Pesan Masuk di E-Mail
    Pada sebuah alamat e-mail yang digunakan untuk masuk ke suatu akun Facebook, anda akan menemukan semua laporan aktivitas di akun Facebook akan masuk ke inbox (pesan masuk) di e-mail anda. Semakin sering anda melakukan aktivitas di Facebook, maka akan semakin banyak pesan yang masuk ke inbox e-mail anda. Anda bisa membayangkan, berapa banyak komentar yang masuk saat anda membuat sebuah status, berapa banyak status teman yang anda komentari, berapa banyak yang mengirim sesuatu ke dinding anda, berapa kali anda meminta pertemanan atau mengkonfirmasinya, dan sebagainya. Semua aktivitas di akun Facebook itu akan masuk ke e-mail anda sebagai sebuah pesan masuk. Bayangkan, jika anda tidak pernah mengontrol e-mail anda selama 1 bulan, atau satu tahun, berapa banyak pesan masuk di e-mail anda…😕
    Saran saya, sempatkanlah untuk membuka e-mail anda di antara kesibukan aktivitas Facebook anda. Hapuslah pesan masuk di e-mail yang berhubungan dengan berbagai aktivitas anda di akun Facebook. hal ini untuk menghindari kelebihan kapasitas di e-mail anda, yang salah satunya mungkin akan disebabkan oleh banyaknya laporan aktivitas Facebook yang –menurut saya– tidak terlalu penting.
  3. Beberapa Alamat E-Mail untuk Satu Akun Facebook
    Pada umumnya, orang hanya menggunakan 1 alamat e-mail untuk 1 akun Facebook. Namun Website Jaringan Sosial ini juga tidak memberikan batasan untuk menggunakan lebih dari satu alamat e-mail untuk satu akun Facebook. Hal ini berguna jika terjadi kerusakan, pemblokiran atau masalah lain yang mungkin akan berakibat pada tidak berfungsinya lagi alamat e-mail tersebut.
    Saran saya, tambahkanlah satu atau beberapa alamat e-mail lain untuk suatu akun Facebook yang anda gunakan.
  4. Menyembunyikan alamat E-Mail di Facebook
    Keisengan orang lain untuk melakukan hacking Facebook, pada umumnya dimulai dari diketahuinya alamat e-mail suatu akun Fecebook. Di samping itu, menampilkan alamat e-mail Facebook di Info bukanlah hal yang terlalu penting, tetapi itu justru akan memberikan kesempatan orang lain untuk mengganggu privasi anda. Menurut saya, hal ini juga berlaku pada nomor telepon atau HP pribadi yang ditampilkan di Info pada akun Facebook. Jika anda berpikir bahwa anda berhak untuk membuka semua data tentang diri anda di Facebook, maka saya tidak akan menyalahkan anda. Tetapi jangan menyalahkan saya, jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dari penggunaan hak keterbukaan anda tersebut di Facebook.
    Saran saya, Sebaiknya sembunyikanlah saja alamat e-mail di akun Facebook anda.

 

😆 ==================😆

 

Arahkan ke Beranda Facebook atau ke Halaman Facebook saya

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 10 Januari 2011, in Facebook, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. munnya emailnya di blok kayapa mambukanya

  2. Itulah yg hal dimaksud dalam point 3 di atas…..

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: