Menghindari Kesalahan dalam Rename File


Dalam posting saya sebelumnya, mungkin tidak saya terangkan dengan lengkap, kesalahan apa yang menyebabkan file tidak bisa dibuka lagi setelah melakukan rename. Kesalahan apakah yang telah dilakukannya, sehingga setiap setelah mengganti nama, file tersebut tidak bisa dibuka lagi.???πŸ˜•

Kesalahan yang dilakukannya dalam rename adalah menghapus Type file atau file extension. Perhatikan gambar di bawah ini…!!!!

Pada gambar di samping ini, saya memberikan contoh proses rename file. Pada gambar ini, file yang akan saya ganti namanya adalah file dengan nama Love 16.gif untuk menyamakan dengan nama file-file lain yang ada pada folder tersebut.

Cara Rename File:
Caranya dengan Klik kanan pada Mouse, lalu pilih Rename, atau dengan menekan tombol F2 pada Keyboard, maka anda sudah bisa mengganti nama file yang anda inginkan.

File dengan nama Love 16.gif tersebut akan saya rename dengan Cintaku 16.gif Pada gambar di samping ini, tertulis “Cintaku 16”. sebagai nama file yang baru.

Apa yang akan terjadi jika saya tekan ENTER?πŸ˜•

πŸ˜•

❓

Pada layar monitor akan tampil peringatan seperti pada gambar di bawah ini.

Artinya:
Jika kamu mengganti suatu ekstensi nama file, maka file tersebut mungkin tidak akan bisa digunakan. Apakah kamu yakin ingin menggantinya?
Ya/Tidak

Jika anda menjawab “Ya”, maka anda telah menerima konsekuensi atas perubahan nama file tersebut. Jika anda menjawab “Tidak”, maka nama file akan kembali seperti sebelumnya.

Perhatikan Gambar di bawah ini…!!!

Lihatlah! Perubahan nama yang saya lakukan telah menyebabkan file tersebut tidak bisa lagi digunakan. Dimanakah kesalahan langkah yang saya lakukan?πŸ˜•πŸ˜•πŸ˜•

____________________________________

Kesalahannya adalah:

Pada saat saya mengganti nama file Love 16.gif dengan Cintaku 16.gif, Saya tidak menyertakan tipe file-nya. pada gambar ke-2, seharusnya saya menulis “Cintaku 16.Gif”. Tetapi di sana hanya tertulis “Cintaku 16”. Itulah letak kesalahannya…πŸ˜†

πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

________________________________

Bagaimana Cara Menghindari Masalah Tersebut?

  1. Buka Windows Explorer
  2. Buka menu Tool dan sorot ke Folder Option…
  3. Buka Tab View dan berikan tanda Conteng pada Item “Hide Extensions for known file types”
  4. Klik OK

Dengan demikian, Tipe File atau Ekstensi File yang sudah memiliki aplikasi untuk menjalankannya, tidak akan ditampilkan lagi.

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 25 Januari 2011, in Komputer, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

  1. trima ksih ……… atas infonya moga amal anda diterima…..

  2. Mak nyoooooooossssssszzzzzzzzzzzzzzzzzz…………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    THANK FOR INFONYA……..saya sampe MUMET MAS…GARA-2 PENYAKIT KECIL INI…..TERNYATA YG BIKIN onar ITU SAJA,,,,,,,,,,,MAKASIH BANYAK……..GA JADI AH INSTALL WINDOW wkhwkh……………….success………………..

  3. Artikel inilah yg selama ini saya cari, setelah saya coba ternyata 100% berhasil…………..Trims sob…..!!

  4. Min mau Tanya..file ku kn sdah direname..trus aq mau ganti ke nama aslinya lagi..cara nya gmn min
    ..trima kasih

  1. Ping-balik: Dikira Virus, eh ternyata saya salah….. « Khairil Yulian Return

Berikan Komentar

