INFO dan TIPS: Menawarkan Lagu-Lagu Ciptaan Anda Sendiri


online access to SONY-BMG, Visit here: http://sonymusic.co.id/

Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk menciptakan lagu yang bagus dan membuat orang suka dalam sekali dengar. Musisi yang sudah terkenal pun sangat bergantung pada lagu-lagu bagus untuk dapat tetap bertahan di belantika musik Indonesia. Masyarakat Indonesia memang objektif dan adil dalam menilai lagu artis penyanyi terkenal dan baru. Musisi lama yang gagal menciptakan lagu baru yang bagus akan dengan mudah dilupakan dan diganti dengan musisi baru yang punya segudang lagu-lagu bagus dan orisinil.

Yang jelas dalam menciptakan lagu sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri karena harus mencipta lagu bagus demi mendapatkan uang banyak, akan tetapi santai saja dan lakukan sebagai hobi sampingan. Rekaman suara dan musik pengiring (aransemen) harus terdengar jelas dan serius. Usahakan lagu kita original, unik dan enak didengar. However, barang dagangan harus terlihat bagus di mata pembeli.

Berikut ini adalah beberapa Tips yang penting untuk diketahui bagi pencipta lagu yang ingin menawarkan lagu kepada para produser atau musisi:

  1. Tawarkan Kepada Yang Tepat
    Usahakan menawarkan lagu ke produser atau musisi yang dapat dipercaya dan bekerja secara profesional dalam manajemen lagu agar karya kita lebih diperhatikan secara serius. Contohnya adalah perusahaan Rekaman SONY-BMG Departemen A&R (Artist & Repertoar). Sebaiknya datang langsung dan temui bagian yang mengurusi demo lagu ciptaan agar mudah untuk menanyakan apakah lagu kita diterima atau ditolak.
  2. Amankan Hasil Kekayaan Intelektual Kita Dengan Perlindungan Hukum
    Pubikasikan karya kita di internet untuk mendapatkan pengakuan luas dari masyarakat dan hukum negara kita pada berbagai penyedia media publikasi audio gratis profesional seperti di Soundclick, Myspace, Facebook, Friendster, Youtube, 4shared, Multiply, Kaskus, dan lain-lain. Sekali diupload jangan diedit atau dihapus agar tanggal upload tidak berubah. Jika ingin diubah, sebaiknya buat perbaikan sebaiknya beri keterangan tambahan pada judul file sebagai versi terbaru. Berikan catatan pada tag tentang anda di file musik anda agar orang tahu siapa penciptanya. Siapkan juga situs web atau blog sebagai tempat jualan kita. Akan lebih kuat lagi jika lagunya kita daftarkan ke pendaftaran HAKI.
  3. Jual Juga Lagu Anda Secara Online Lewat Internet
    Buat satu situsweb atau blog khusus tentang anda dan lampirkan lagu-lagu hasil ciptaan anda yang anda jual dengan link file audio di berbagai media di atas. Pihak produser maupun artis akan lebih mudah untuk mencari lagu yang sesuai dengan mereka. Dengan begini anda akan lebih mudah menjual lagu hasil karangan anda baik yang bagus maupun yang biasa-biasa saja.
  4. Kualitas Lagu dan Rekaman Lagu Yang Bagus
    Ciptakan lagu yang bagus, easy-listening, sekali dengar orang langsung suka, rekamannya jelas, vokalnya bagus tidak buta nada, orisinil, tidak membajak karya orang lain, dan dapat dinyanyikan oleh banyak penyanyi. Sebaiknya iringi saja dengan Gitar atau Piano agar produser dapat berimajinasi mengenai aransemen versi penuhnya. Nyanyikan lagu dengan suara yang biasa saja tidak dengan suara yang khas agar artis mudah mempelajari sesuai karakternya.
  5. Jadilah Pencipta Lagu Yang Fleksibel
    Lagu hasil karya cipta kita adalah seperti bahan mentah yang memerlukan proses pengolahan yang panjang. Oleh sebab itu mungkin saja terjadi perubahan-perubahan kecil dan besar untuk meningkatkan kualitas lagu kita. Dengan menjadi fleksibel maka baik arranger maupun artis akan lebih menghargai kita. Perubahan yang mungkin terjadi yaitu seperti lirik, nada lagu, tempo, tinggi rendah nada, aransemen, dan lain-lain.
  6. Buat Perjanjian Yang Jelas Secara Tertulis Setiap Ada Kesepakatan
    Jika lagu anda ingin digunakan oleh pihak lain, maka anda punya hak untuk menerima atau menolaknya. Pastikan ada MOU (Memorandum of Understanding) yang menjelaskan berbagai hal penting seperti sistem pembayaran royalti atau beli putus, batas waktu penggunaan lagu, artis yang menyanyikannya, dan lain sebagainya. Pastikan perjanjian tersebut tidak akan merugikan anda kelak di kemudian hari.

Perusahaan Label Rekaman SONY BMG

Adapun persyaratan atau syarat mengirim demo lagu ciptaan sendiri ke label rekaman seperti SONY BMG:

  • Lagu dikirim dalam bentuk/format Audio CD atau Kaset
  • Jumlah lagu bebas (Kirimkan karya terbaik anda di awal)
  • Ada teks lirik lagu tertulis
  • Pada Cover dan CD/Kaset ditulis nama anda dan daftar lagunya
  • Sertakan juga Biodata, alamat dan nomor telepon anda
  • Tulis saja “Demo Pencipta Lagu” di Cover dan CD/Kaset yang anda kirim.
  • Kirim lewat Kantor Pos atau Tiki ke:Department A&R SONY BMG
    PO BOX 1818
    JKP 10018atau
    Lewat media internet langsung ke website SONY-BMG:
    http://www.sonymusic.co.id/

    atau
    Datang langsung ke alamat SONY-BMG:
    Jl. Johar No. 13 Menteng Jakarta Pusat 10350 Indonesia

________________________
😀 Selamat mencoba 😀
semoga berhasil menjadi pencipta lagu yang baik dan profesional.
Terima kasih

Baca selengkapnya

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 29 Januari 2011, in Informasi, Internet, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. Ow gt ya bang., tank infonya

  2. Saya mempunyai banyak karya cipta berupa lagu, tapi saya kurang bisa membuat aransement. Saya ingin sekali menawarkan lagu2 saya ke SONY BMG tapi saya belum siap karena aransirnya tidak bagus dan vokalpun pas-pasan. Tapi saya yakin akan lagu saya itu sebetulnya cukup bagus seandainya dibawakan oleh group2 Band terkenal.. Untuk iitu bagaimanakah seharusnya lagu-lagu saya itu ditawarkan? apakah boleh dengan aransemeent dan vokal seadanya? Lagu2 saya lumayan banyak dan saya yakin mudah sekali diingat dan digemari banyak orang. Karena lagunya yg unik dan enak untuk dinikmati.

  3. Howdy just wanted to give you a brief heads up and let you know a few
    of tthe pictures aren’t loading properly. I’m nott sure why but I think its a linking issue.

    I’ve tried it in twwo different browsers and both
    shoow tthe same outcome.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: