Mengelola Kesendirian


Kesendirian mungkin menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Kesendirian itu cenderung menjadi simbol untuk perasaan Bete, perasaan sedih, kesal, sepi, dan bahkan bisa mematikan pikiran, sehingga saat sedang sendiri orang cenderung melakukan hal-hal yang bersifat negatif.

Kesendirian bisa diartikan dalam dua makna, yaitu secara fisik dan secara psikis. Kesendirian secara fisik, berarti memang dalam keadaan sendiri tanpa ada orang lain di sekitarnya. Sedangkan dalam arti psikis, bisa jadi ia berada di tengah keramaian, tetapi ia tetap merasa kesepian.

Sebenarnya, kita bisa saja mengelola kesendirian itu menjadi sesuatu yang bermakna. Berikut ini Tips bagaimana mengelola kesendirian menjadi lebih bermakna.

  • Cari kesibukan dengan melakukan aktivitas positif  yang sangat Khairil sukai, misalnya dengan membaca, menulis, olahraga, menyanyi?🙂 Apapun kesukaan anda. Dengan cara ini, kesendirian akan terasa lebih menyenangkan!
  • Ingat-ingat kembali hal-hal yang menjadi impian anda dan belum sempat dilakukan. Anda bisa membuka agenda-agenda pribadi, foto-foto jaman dulu, buku-buku, dan lain sebagainya. Percaya, cara ini akan menyadarkan anda akan sempitnya waktu untuk mewujudkan segalanya. Kalau sudah begini, bukankah kesendirian itu jadi menyenangkan?😉
  • Buat daftar sebanyak-banyaknya tentang keinginan yang ingin anda wujudkan selagi masih hidup. Mungkin dengan cara menuliskan kembali “keinginan gila” saat anda masih kecil? Atau mimpi-mimpi lain yang belum terlaksanakan? Saat itu anda akan sadar, ternyata banyak sekali hal yg memerlukan kesendirian utk mewujudkannya!
  • Dan yang terakhir…. Sebenarnya ini merupakan hal *utama* dan yang pertama yang harus anda anda lakukan… Mendekatlah kepada Yang Maha Mencinta diri anda. Kesendirian ini akan semakin menyadarkan hakekat keberadaan anda di dunia. Semakin keyakinan ini kuat, maka akan semakin kokoh kemampuan anda mengarungi kehidupan, dengan segala situasinya.

Intinya: Cobalah membuka mata, dan berusaha keluar dari perasaan negatif. Jangan terjebak dalam kesendirian…

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 17 Februari 2011, in Tips & Trick and tagged . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: