Tips Facebook: Menghindari Orang Tertentu Membaca Status Anda


Facebook adalah situs jejaring sosial yang sangat populer di dunia.  Popularitasnya terkadang dijadikan sebagai alat untuk mengetahui data dan informasi tentang seseorang, seperti sebuah DataBase yang bisa diakses oleh semua orang secara bebas. Mengapa demikian? Karena facebook menyediakan sarana publikasi diri secara lengkap, mulai dari nama, alamat, tanggal lahir, kota asal dan kota sekarang, nomor telepon, alamat e-mail, alamat website, pekerjaan, pendidikan, minat dan sebagainya.

Saya kadang menilai, penggunaan Facebook saat ini sudah bisa dikatakan sebagai Diary (Buku Harian) yang bisa dibaca oleh semua orang. Jika anda tidak percaya, anda bisa membaca status-status yang ditulis oleh teman anda. Lihatlah!! Puluhan atau bahkan ratusan status teman yang bisa anda baca di Beranda Facebook, hampir semua status itu sepertinya mewakili isi hati si penulis yang pada zamannya dahulu merupakan ungkapan perasaan hati yang hanya tertulis di Buku hariannya atau lebih sering disebut Diary. Siapa yang membaca Diary itu? Tidak ada yang bisa membacanya kecuali anda.

Saat saya berpikir demikian, saya menjadi malu sendiri saat saya menganalisa status-status yang saya tulis di dinding Facebook saya. Sebagian besar di antaranya hanyalah ungkapan perasaan hati yang tidak sepantasnya untuk dibaca oleh orang lain. Dari status itu pula, kita akan dapat membaca dan menganalisa bagaimana suasana hati si penulis saat itu.

Nah! Pada posting saya kali ini, saya tidak akan membahas apa dan bagaimana seharusnya menulis status di Facebook, melainkan  tentang bagaimana menghindari orang tertentu membaca status anda. 😆 Lho..!! emang bisa?

Jawab: Anda bisa mencobanya sendiri…!!! Ikuti langkah-langkah di bawah ini…!!!

  • Klik pengaturan publikasi status  (lambang Gembok), kemudian pilih “Ubah suaian“. Perhatikan gambar di bawah ini…!!

  • Tunggi beberapa saat, maka akan tampil dialog box seperti di bawah ini.

Ada dua hal yang bisa dijelaskan dari gambar Dialog Box di atas.

  1. Dapat dilihat oleh: Orang-orang ini: Hanya Teman
    Hal ini menerangkan bahwa, status anda hanya bisa dibaca oleh orang-orang yang sudah berteman dengan anda. Dalam kata lain, orang yang belum berteman dengan anda tidak bisa membaca status anda, bahkan teman dari teman anda pun juga tidak bisa membaca status anda.
    Pada dialog box ini terlihat bahwa
  2. Sembunyikan dari: Orang-orang ini:
    Pengaturan ini menerangkan bahwa status anda bisa anda sembunyikan dari orang-orang tertentu.

Selanjutnya…. Kamu jangan terlalu terpaku pada teori saya…!!! Kamu harus mencobanya sendiri, karena tampilan dan tema Facebook bisa saja berubah setiap saat. Bisa saja, saat anda membaca posting ini, Mark Zuckerberg telah memperbaharui tampilan Facebook….😳 Dan itu wajar, karena Facebook bukan punya saya…😀😀😀

😆❓😆

Siapa Mark Zuckerberg? Jika kamu tidak tahu, berarti kamu adalah pengguna Facebook yang nggak pernah berpikir…!!!😳 Jika kamu malu disebut sebagai pengguna Facebook yang nggk pernah mikir, kamu bisa diam-diam klik DISINI untuk mengetahui lebih banyak tentang MZ.🙂

BONUS…!!!

TIPS TAMBAHAN bagi yang sudah membaca tulisan saya ini sampai akhir.

Tips: Mengumpulkan Nomor telpon teman Facebook kamu.🙂 Klik di sini jika kamu mau…!!! Gratis, Bro…!!!

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 2 Maret 2011, in Facebook, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: