Tips Sebelum Membeli Desktop atau Laptop


Perangkat komputer tidak bisa dinilai dari luarnya saja. Casing yang cantik tidak bisa mewakili kualitas sebuah komputer, karena hal yang terpenting pada sebuah komputer bukan performa luar, melainkan spesifikasi sistem operasionalnya. Sebuah super komputer yang canggih bisa saja dibalut oleh tampilan luar yang sederhana atau bahkan terkesan ketinggalan zaman. Sebaliknya, saat berbicara masalah pemasaran, seorang penjual komputer dapat mendandani komputer biasa dengan performa luar yang terkesan sangat mewah. Oleh karena itulah, bagi anda yang berniat membeli komputer baik, New maupun Second, ada baiknya anda menyempatkan waktu anda sebentar untuk membaca Tips membeli komputer atau laptop berikut ini.

  1. Sesuaikan dengan Keperluan
    Sebelum anda membeli sebuah perangkat komputer, baik desktop maupun laptop, ada baiknya anda memikirkan kembali apa tujuan anda membeli komputer? Jangan membeli komputer yang terlalu canggih, jika keperluan anda hanya untuk menyelesaikan Skripsi anda, karena saya khawatir anda tidak akan bisa cepat menyelesaikan penggarapan Skripsi anda. Contoh lain, jika anda adalah orang yang bekerja dalam suatu mobilitas tinggi, belilah Laptop yang sesuai dengan keadaan pinansial anda, jangan membeli Desktop, karena kemungkinan komputer yang anda beli untuk keperluan anda, akan lebih sering dipakai oleh anak anda bermain Game. Contoh lainnya, jika pekerjaan anda menuntut spesifikasi system yang tinggi, seperti editing video, fhoto, desaigner grafis, atau sejenisnya, maka jangan membeli komputer yang lemot, dengan alasan berbagai pertimbangan. Jika itu anda lakukan, maka anda akan lebih sering bersandar dikursi anda daripada memainkan mouse.
    Jadi, hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum anda adalah sesuaikan perangkat komputer yang anda beli dengan keperluan anda. Jangan terlalu loyal, jangan pula terlalu pelit.
  2. Garansi
    Hal yang penting untuk anda tanyakan pada seorang penjual komputer, adalah masalah garansi. Karena seperangkat komputer yang baru keluar dari pabriknya sekalipun, tidak akan menjadi kualitas fisik dan performa sistem yang baik. Jika masalah garansi tidak anda perhatikan, saya khawatir anda akan mengalami yang tidak anda inginkan pada komputer yang baru anda beli, namun anda tidak bisa mengklaimnya pada penjual atau distributornya. Anda hanya akan membuang uang anda untuk sebuah barang rongsokan yang tidak berguna.
    Di samping permasalahan seperti saya gambarkan di atas, keberadaan garansi ini juga penting dalam kaitannya dengan legalitas suatu barang. Belilah Desktop atau laptop yang memiliki Garansi resmi. Untuk jenis komputer Built up, Garansi resmi ini penting, karena jika anda membeli komputer BM (Black Market), anda juga akan kesulitan memgklain jika ternyata terjadi kerusakan pada perangkat atau sistem komputer tersebut.
  3. CD Driver
    Penting CD Driver ini, kadang tidak terlalu diperhatikan oleh seorang pembeli atau pengguna komputer, karena keberadaannya terkesan tidak berguna, dan dianggap hanya sekedar manual penggunaan suatu perangkat komputer saja. Padahal CD Driver ini sangat penting, karena di dalamnya terdapat software driver untuk seluruh perangkat hardware pada motherboard atau perangkat tambahan lain yang terhubung ke sistem komputer tersebut.
  4. System Specification
    Pentingnya mengetahui spesifikasi sistem pada sebuah komputer ini adalah hal yang juga perlu anda perhatikan sebelum membeli sebuah komputer. Saya sering menyarankan agar anda membawa serta seseorang yang mengerti permasalahan spesifikasi sistem komputer ini saat anda berangkat ke sebuah toko komputer. Jangan tertipu oleh performa luar sebuah komputer, atau gaya bahasa seorang penjual komputer.
    Pada posting saya kali ini, saya juga memberikan sebuah software portable untuk mengetahui spesifikasi sistem pada sebuah komputer. Nama program ini adalah SysSpec.exe Anda bisa menyimpannya di perangkat removable disk dan mencoba membukanya pada perangkat komputer yang akan anda beli.

Contoh Tampilan Spesifikasi System dari Software SysSpec

SILAHKAN DOWNLOAD PADA LINK DI BAWAH INI
http://www.4shared.com/file/5AMG98Ch/SysSpec.html

🙂 Mudah-mudahan tips ini berguna bagi anda!🙂

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 24 Maret 2011, in Komputer, Tips & Trick and tagged , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: