Menjaga Privasi Data di Komputer Anda



Ada dua cara mengunci Folder, yaitu: (1) Melalui software khusus, seperti FolderLock, atau (2) secara manual. Dalam catatan ini, saya akan menjelaskan bagaimana cara mengunci folder dengan kedua cara tersebut beserta kelemahannya.

Mengunci Folder dengan Software Khusus

Dengan software (program/aplikasi) khusus ini, tentunya yang pertama harus kamu lakukan adalah melakukan instalasi program pengunci folder tersebut ke Komputer kamu. setelah program tersebut terinstal, barulah kamu bisa melakukan penyimpanan file-file pribadi ke dalam folder khusus yg disediakan oleh program tersebut.
Kelemahan pada penggunaan software/program untuk mengunci folder ini adalah pada saat terjadi masalah pada system OS (Operating System) yang mengharuskan dilakukan instal ulang OS. maka file-file pribadi yg kamu simpan ke dalam folder khusus tersebut pun akan ikut terkunci untuk selama-lamanya. Sehingga, file-file yang pada mulanya berusaha kamu sembunyikan dari user lain yang mungkin menggunakan Komputer kamu, ternyata akhirnya, kamu sendiri pun tidak bisa lagi mengaksesnya… Alangkah malang nasibmu…

Mengunci Folder Secara Manual
Teknik penguncian folder secara manual ini lebih aman, karena folder yang akan kamu kunci bisa kamu letakkan terpisah dari Drive dimana kamu file-file System OS terinstall. (pada umumnya, OS terinstall di Drive C:, dan Folder yang akan dikunci tersebut bisa kamu letakkan di Drive lain, seperti D: atau E:, dsb.)
Caranya:

    1. Buat sebuah folder baru di tempat yang kamu inginkan. kemudian Rename (ganti nama) folder tersebut sesuai keinginan kamu, misalkan folder tersebut kamu beri nama:PRIBADI. kemudian tekan Enter (pada keyboard)
    2. Masukkan semua file atau folder pribadi kamu ke dalam folder tersebut.
    3. Jika file dan folder pribadi –yang ingin kamu akan sembunyikan dari user lain yang tidak kamu inginkan– telah dimasukkan ke dalam folder (PRIBADI) tersebut, Rename kembali folder tersebut dengan menyertakan KODE berikut di belakang nama folder tersebut, kemudian tekan Enter.
      KODE: .{2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}
      CONTOH: PRIBADI.{2559a1f2-21d7-11d4-bdaf-00c04f60b9f0}
      Maka icon folder kamu akan berubah seperti gambar Gembok.


  • Jika icon folder tersebut tidak berubah, maka kemungkinan kode yang kamu masukkan salah.

CATATAN:
Cara untuk membuka folder yang dikunci dengan cara manual ini sebenarnya sangat mudah. Siapa yang mengetahui caranya sudah bisa dipastikan bisa membuka folder yang terkunci tersebut. Oleh karena itu, kunci untuk membuka folder yang terkunci secara manual ini tidak saya uraikan disini. Bagi yang ingin mengetahui cara membuka folder yang dikunci secara manual ini, silahkan bergabung dengan Grup CV.Triple-C (Computer Care Centre) Banjarmasin di Facebook, dan caranya akan saya kirim melalui Pesan. Hehehehe……


Atau Jika kamu ingin mendapatkan Kuncinya Langsung, Klik aja di sini..!!!

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 1 Februari 2012, in Komputer, Tips & Trick and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: