Tips Menyelamatkan Data di My Documents


Mengganti Lokasi Standar Folder System “My Documents” pada Windows XP


Folder “My Documents” adalah folder khusus yang dibuat oleh sistem Operasi untuk menjadi tempat penyimpanan data. namun System Folder “My Documents” ini sebenarnya bukanlah tempat yang aman untuk menyimpan data penting anda, karena path (Jalur) My Documents berada di Drive C:\Documents and Settings\[nama folder user]\My Documents\. Jika suatu ketika terjadi kerusakan pada Sistem Operasi (Windows), yang mengharuskan format/install ulang Sistem Operasi, maka data di dalam folder “My Documents” pun akan ikut terformat.

Oleh karena itu, saya menyarankan kepada anda untuk memindah path My Document ke Drive yang terpisah dari Drive dimana Sistem Operasi diinstall (pada umumnya sistem operasi berada di Drive C:).
BAGAIMANA CARA MEMINDAHNYA?
Caranya sebenarnya sangat mudah, tetapi anda harus memastikan bahwa HardDisk anda minimal terdiri dari 2 Partisi, sehingga di Windows Explorer, akan terlihat ada 2 Drive di HardDisk anda, (1. Drive C: sebagai drive khusus untuk sistem operasi Windows, 2. Drive D: sebagai wadah/tempat khusus penyimpanan data).
ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Siapkan satu folder khusus di Drive penyimpanan data yang akan dijadikan sebagai folder “My Document” yang baru. Misalkan Drive D:\Data.
  2. Klik kanan pada Folder sistem “My Documents” kemudian sorot ke Properties (posisi paling bawah). Anda akan melihat tampilan seperti gambar berikut:
  3. Klik “Move” dan arahkan path ke folder yang telah anda siapkan untuk menjadi folder sistem “My Documents” yang baru.
  4. Klik OK
  5. Selesai.

Dengan demikian anda bisa memasukkan data sepuasnya ke folder “My Documents” anda tanpa khawatir akan kehilangan data saat terjadi format/install ulang sistem operasi Windows anda….

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 14 Februari 2012, in Komputer, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: