Memasukkan Link ke Halaman yang Sama


Memasukkan atau memasang Link (tautan) ke halaman yang sama, biasanya terdapat pada artikel yang tergolong panjang, untuk mempermudah pembaca kembali atau terus pada point tertentu di dalam sebuah artikel panjang. Salah satu bentuk link ke halaman yang sama pada artikel di suatu blog atau website yang sering ditemui adalah tulisan “kembali ke awal” atau “kembali ke atas”, yang merujuk pada bagian awal suatu artikel panjang. Tujuannya tidak lain adalah untuk memudahkan pembaca kembali ke bagian awal artikel tanpa harus susah payang menggulirkan scroll pada mouse.

Bagaimana Cara Memasukkan Link ke Halaman yang Sama?

Cara memasukkan Link ke halaman yang sama tidak terlalu sulit bagi mereka terbiasa blogging. Anda hanya perlu memasang dua kode pada artikel anda, yaitu kode anchor (Red: Target) dan kode Link. Kode target dimasukkan pada bagian artikel yang akan menjadi tujuan saat pembaca mengklik Link yang terpasang pada bagian lain pada suatu artikel.

Perhatikan artikel berjudul Memasukkan Link ke Halaman yang Sama ini..!! Pada artikel ini, saya memasang kode anchor atau kode target di atas tulisan Bagaimana Cara Memasukkan Link ke Halaman yang Sama? dan memasang kode link-nya di bagian akhir artikel, dengan tulisan “Pelajari Ulang”

😆

Kode Anchor (Kode target) dan Kode Link (Kode Tautan)

Adapun kode anchor yang saya masukkan di atas tulisan “Bagaimana Cara Memasukkan Link ke Halaman yang Sama?” tersebut adalah:

<a name="Cara memasukkan Link ke Halaman yang Sama"></a>

sedangkan kode link yang saya letakkan di akhir artikel ini adalah:

<a href="#Cara memasukkan Link ke Halaman yang Sama">Pelajari ulang</a>

Kode Link tersebut akan menautkan atau mengarahkan teks “Pelajari ulang” ke tempat anda memasang kode anchor atau kode target.

******😆 ******

Jika anda ingin mencobanya, anda juga bisa mengganti dengan kode anchor yang lebih sederhana, misalnya:

<a name="satu"></a>

 Kode Link-nya, seperti ini:

<a href="#satu">Kembali ke atas</a>

Kode Link di atas, akan menautkan ke posisi dimana anda meletakkan kode anchor (Target), dengan teks link: “Kembali ke atas”.

******😆 ******

PENTING..!!! Penggunaan kode anchor atau kode target seperti tersebut di atas (baik kode anchor yang saya pakai, maupun kode anchor sederhana), tidak akan terlihat pada artikel yang telah diterbitkan. Kode seperti itu hanya berfungsi sebagai target untuk link yang dipasang pada bagian lain dari artikel tersebut.

Tetapi anda juga bisa membuat kode anchor atau kode target tersebut terlihat oleh pembaca artikel anda, dengan menambahkan kata atau kalimat yang anda inginkan di dalam kode anchor atau kode target. Perhatikan kode anchor berikut…!!!!!

<a name="satu">Bagaimana Cara Memasukkan Link ke Halaman yang Sama?</a>

Kode anchor seperti contoh di atas, bukan hanya berfungsi sebagai target link, tetapi sekaligus sebagai teks yang bisa dilihat oleh pembaca. Pada kode anchor tersebut, teks yang terlihat adalah: “Bagaimana Cara Memasukkan Link ke Halaman yang Sama?”

KESIMPULAN

Secara sederhana, saya bisa menyimpulkan, bahwa untuk membuat anchor link atau tautan ke halaman yang sama, anda harus memasukkan dua buah coding pada artikel anda, yaitu kode anchor dan kode link. Kode Anchor atau kode target ditandai dengan <a name=, sedangkan kode link atau kode tautan ditandai dengan <a href=.

INGAT…!!!

  1. Jangan lupakan tanda pagar (#) pada kode Link…!!!
  2. Tanda petik pada kode tersebut, sebaiknya ditulis saja…!!! Jangan asal COPAS…!!!😆

******😆 ******

Terima kasih telah membaca artikel berjudulMemasukkan Link ke Halaman yang Sama

******😆 ******

Mudah-mudahan artikel berjudul “Memasukkan Link ke Halaman yang Sama” ini bermanfaat bagi anda

******😆 ******

Artikel lain tentang Blogging:

😆

SEPERTI SUDAH SAYA JANJIKAN SEBELUMNYA, PADA AKHIR ARTIKEL MEMASUKKAN LINK KE HALAMAN YANG SAMA INI, SAYA AKAN MEMBERIKAN SEBUAH ANCHOR LINK YANG TERTAUT KE HALAMAN YANG SAMA.
SILAHKAN KLIK TEKS LINK DI BAWAH INI,

DAN PERHATIKAN KEMANA LINK TERSEBUT MEMBAWA ANDA?

Pelajari ulang

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 28 Februari 2012, in Blogging, HTML Code, Tips & Trick and tagged , , . Bookmark the permalink. 8 Komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: