Program Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kalimantan Selatan


Pada dasarnya, aku bukan orang yang bergelut dengan kegiatan-kegiatan sosial, apalagi yang berhubungan dengan pengembangan usaha kecil dan menengah di Kalimantan Selatan. Aku juga bukan pejabat Dinas Sosial yang memang seharusnya memikirkan bagaimana mengembangkan usaha kecil dan menengah dalam meningkatkan tarap hidup masyarakat kecil yang merupakan bagian dari Bangsa ini.

Ide Pengembangan Usaha Kecil dan Menengah di Kalimantan Selatan ini lahir dari pentingnya iklan dan promosi usaha dalam meningkatkan penghasilan dari usaha kecil dan menengah. Karena pada umumnya, kalahnya pengusaha berskala menengah ke bawah bersaing dengan pengusaha besar, salah satunya disebabkan oleh kalahnya mereka dalam kegiatan promosi dan pemasaran.

Pemikiran tentang pentingnya iklan dan promosi usaha bagi para pemilik usaha kecil dan menengah tersebut, melahirkan satu ide untuk memulai bisnis iklan dan promosi usaha yang berorientasi pada pengusaha kecil dan menengah tersebut, yaitu dengan menyediakan sebuah wadah untuk mereka mempromosikan usahanya melalui media yang bergengsi dengan anggaran yang ditekan seminimal mungkin.

Media iklan dan promosi yang saya kembangkan untuk membantu pengusaha kecil dan menengah di Kalimantan Selatan dalam mengembangkan usahanya adalah berbentuk media internet, yaitu dengan membuat satu situs yang khusus mempromosikan usaha-usaha berskala kecil dan menengah yang ada di Kalimantan Selatan. Nama situs internet yang ku kembangkan adalah Pasar Banua yang mengemban misi sebagai Media Pemasaran Kalimantan Selatan.

Kendala yang sering dihadapi dalam pelaksanaannya, antara lain pemahaman yang kurang baik dari para pemilik usaha kecil dan menengah tentang dunia iklan dan promosi di internet. Sehingga, setiap kali melakukan penawaran, maka tenaga marketing di lapangan juga harus terus memberikan penjelasan panjang lebar tentang internet dan teknis pemasangan iklan di internet serta keuntungannya. Kurangnya pemahaman para pengusaha kecil dan menengah tentang iklan dan promosi usaha secara online di internet ini, juga mengharuskan tenaga marketing di lapangan menguasai lebih dalam tentang internet dan teknis serta keuntungan dari pemasangan iklan di internet.

Pengelolaan website Pasar Banua ini, di satu sisi merupakan sebuah bisnis, tetapi di sisi lain, tersimpan satu harapan akan menjadikan website Pasar Banua ini sebagai barometer usaha di Kalimantan Selatan. Harapan tersebut mungkin tidak akan mudah terwujud, jika semata dilaksanakan dengan pola kerja bisnis berbasis iklan. Oleh sebab itu, dukungan dari berbagai pihak seperti pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait akan sangat membantu terlaksananya program pengembangan usaha kecil dan menengah di Kalimantan Selatan yang mendasari bisnis iklan dan promosi usaha yang ku jalankan ini.

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 3 Maret 2012, in Internet, Pendidikan, Sosial and tagged , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. ijin berkunjung gan, sekalian nyimak. thx.

  2. Saya adiet ingin mempromosikan jual beli beli cincin dan berlian lepasan klo ada yang minat hubungi aja 087816282267

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: