Week End dengan Wake End…!!?


“Weekend” adalah istilah Kereeen untuk menyebut istilah akhir pekan, terutama bagi mereka yang bekerja pada instansi formal, baik negeri maupun swasta. Sabtu dan Minggu, adalah dua hari dalam seminggu yang sering disebut sebagai Week-end. Namun hal tersebut tidaklah mutlak, karena saat saat masih duduk di bangku Madrasah Aliyah, saya merasakan Week-end berada pada hari Jum’at.😀 Bahkan sekarang dengan pekerjaan yang saya geluti, Sabtu dan Minggu menjadi hari yang paling disibukkan dengan pekerjaan. Mungkin dari kawan-kawan yang lain juga ada yang mendefinisikan Week-end menurut versinya sendiri, sesuai dengan bagaimana ia merasakan “Week-end’ itu sendiri.

Namun demikian, saya juga tidak bisa memungkiri, bahwa Libur formal Sabtu dan Minggu sebagai Week-end. Bagaimanapun Sabtu dan Minggu menjadi lahan yang subur untuk mengais keuntungan lebih, yaah tetap saja Sabtu dan Minggu menjadi hari yang bisa saya gunakan untuk menikmati saat-saat harus keluar dari rutinitas. Bagitu pula saat di Madrasah Aliyah, libur Jum’at tidak bisa aku nikmati maksimal, karena teman-temanku dari sekolah lain belum Week-end pada hari itu…😆 Cape deeeh..!!😆

Week-end pada dasarnya adalah sebuah kesempatan untuk beristirahat, keluar dari rutinitas yang dijalani selama satu minggu. Jadi sewajarnya lah jika Week-end dihabiskan untuk melakukan aktivitas yang berbeda dengan rutinitas yang dijalani selama satu minggu berjalan. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan saat Week-end.

  • Beres-beres Rumah
    Bagi anda yang memiliki rutinitas formal yang cukup padat dalam pekerjaannya, terkadang lelah adalah akhir dari harinya, sehingga saat kembali ke rumah, bawaannya pingin bobo…🙂 Hal ini wajar-wajar saja. Namun dengan keadaan seperti itu, banyak pekerjaan rumah yang seringkali tertunda atau terabaikan. Week-end adalah moment yang tepat untuk membenani kondisi rumah anda yang mungkin tidak bisa tertata rapi karena kesibukan aktivitas di luar dengan pekerjaan anda selama seminggu.
    Rumah yang tertata rapi, indah dipandang, akan menambah semangat baru dalam hari anda. Boleh jadi, itu akan melahirkan kesan baru dalam pekerjaan anda, yaitu “I like Monday“, dan sekaligus kesan baru dalam rumah anda, yaitu “Home Sweet Home“.
  • Menikmati Kebersamaan
    Kesibukan karena tuntutan pekerjaan yang menjadi rutinitas wajib bagi anda selama seminggu, terkadang bukan hanya berdampak  pada diri anda sendiri, tetapi juga pada orang-orang di sekitar anda. Anda mungkin beranggapan bahwa apa yang anda lakukan, juga adalah untuk mereka yang ada di sekitar anda, boleh jadi itu istri dan anak-anak anda, orang tua, saudara, atau siapa saja. Tetapi di sisi lain, kesibukan anda itu –sedikit banyak– telah membuat mereka merasa terpisahkan dari anda, noleh jadi  secara fisik, ataupun secara psikis. Oleh karena itu, Week-end adalah saat-saat yang paling baik untuk terus menumbuhkan rasa kebersamaan bagi orang-orang di sekitar anda. Sehingga keberadaan anda selalu terasa dan tetap memberi arti dalam kehidupan mereka.
    Ketahuilah, pada saat-saat tertentu, keterpenuhan materi tidak akan bisa menciptakan ikatan psikologis antara anda dan orang-orang di sekitar anda. Itu hanyalah icon yang mewakili adanya hubungan antara anda dan mereka. Tetapi itu tidak cukup, karena keberadaan anda secara emosional dalam kehidupan mereka hanya bisa terjalin dengan adanya moment kebersamaan antara anda dan mereka. Manfaatkanlah moment Week-end ini sebagai sarana untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antara anda dengan mereka yang ada di sekitar anda.🙂
  • Keluar rumah
    Tidak perduli, apakah anda bekerja di rumah atau di luar rumah, jadikanlah moment Week-End sebagai sebuah kesempatan untuk anda keluar dari rumah. Selama sepekan anda sibuk dengan rutinitas pekerjaan anda, dan kembali pulang ke rumah untuk melepaskan lelah atas aktivitas keseharian anda. Week-end juga bisa dijadikan sebagai sebuah kesempatan untuk keluar dari rutinitas itu. Jika selama sepekan ini anda keluar dari rumah untuk menuju tempat kerja anda, sekarang cobalah untuk keluar dari rumah untuk hal yang berbeda, apakah hanya untuk sekedar Jogging, menghirup udara pagi yang segar, maupun untuk sesuatu yang lebih besar, seperti Camping, berlibur menikmati saat-saat lepas dari rutinitas.
  • Melakukan Hobby
    Saya yakin, setiap orang mempunyai hal yang dia sukai untuk dilakukan. Kegemaran terhadap sesuatu ini sering disebut dengan istilah “Hobby“. Hobby adalah sesuatu yang sangat anda sukai saat melakukannya. Hobby yang dimiliki oleh setiap orang boleh jadi berbeda satu dengan yang lainnya. Kesibukan keseharian anda dengan aktivitas formal mungkin membuat anda tidak bisa lagi menyalurkan Hobby anda, atau bahkan kesibukan itu telah membuat anda melupakan Hobby anda.
    Week-end adalah saat dimana anda bisa lepas dari kesibukan rutin anda. Jadi, tidak ada salahnya jika kesempatan Week-end ini anda gunakan untuk kembali menyalurkan Hobby anda. Tuntutan pekerjaan yang menyibukkan keseharian anda selama satu pekan, –dan bahkan mungkin dapat membuat anda merasa stressed–, mungkin akan bisa hilang sekejap saat anda mampu melakukan sesuatu yang menjadi Hobby anda. Perasaan bebas dari tekanan, perasaan rileks, dan kepuasan tersendiri adalah hal bisa anda dapatkan saat anda berkecimpung dengan Hobby. Oleh sebab itu, manfaatkanlah moment Week-end sebagai kesempatan untuk back to your Hobby.
  • Wake-End
    Bagi sebagian orang Week-end (Akhir Pekan) juga bisa dimanfaatkan untuk Wake-End (bangun pagi lebih siang)…😆 Dalam hal ini, saya tidak menyalahkan mereka yang memanfaatkan Week-end untuk Wake-end, karena kesibukan selama 1 minggu dengan aktivitas formal, mungkin telah menuntutnya untuk selalu bangun lebih cepat. jadi hanya pada moment Week-end  inilah mereka bisa lebih santai dalam beraktivitas.
    Dalam hal memanfaatkan moment Week-end, saya tidak menyalahkan anda yang mengisinya dengan Wake-end, tetapi saya lebih merekomendasikan anda untuk melakukan aktivitas-aktivitas lain, seperti pada point-point sebelumnya.

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 4 Maret 2012, in Sosial, Tips & Trick and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: