Print Screen Sysrq


Bagaimana Mengambil Gambar Pada Layar Monitor?

Dalam beberapa artikel saya, sesekali saya menambahkan gambar-gambar yang saya ambil dari tampilan pada layar monitor komputer. Hal ini ternyata menjadi pertanyaan dari beberapa orang pengunjung blog saya yang mencoba berinteraksi online dengan saya melalui layanan YAHOO! Messenger yang memang juga saya pasang pada Widget di blog saya. Mereka pada umumnya mempertanyakan bagaimana mengambil gambar pada layar monitor…!?🙂

Bagi mereka yang sudah tahu jawabannya, pertanyaan seperti ini mungkin hanya akan menjadi bahan tertawaan, tetapi bukan begitu cara berbagi wawasan, pengalaman dan pengetahuan, Bro..!!!😳 Belajarlah untuk menghargai mereka yang tidak tahu.!..! Anda tidak akan dianggap kecil karena mengajarkan hal-hal kecil…

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Jawaban atas pertanyaan di atas, adalah sebuah penjelasan tentang salah satu fungsi tombol yang terdapat pada keyboard, yaitu tombol “Print Screen Sysrq”. Sebagian dari anda mungkin tidak mengetahui fungsi dari tombol ini, karena tombol ini memang juga tidak terlalu umum digunakan. Namun demikian bukan berarti tombol ini tidak mempunyai fungsi, kan? Tidak mungkin sesuatu diciptakan tanpa ada fungsinya. Salah satunya ya tombol Print Screen Sysrq ini…😆😆

Tombol Print Screen Sysrq kalau boleh saya katakan sama fungsinya seperti shooter pada kamera, yaitu untuk mengambil foto. Pada kamera, foto yang tertangkap saat anda menekan tombol shooter, adalah gambar yang masuk dalam area jangkauan lensa, tetapi gambar yang tertangkap saat anda menekan tombol Print Screen Sysrq ini adalah keadaan pada layar monitor.

Saat anda menekan tombol Print Screen Sysrq, sama artinya anda telah menyorot seluruh tampilan di layar monitor anda dan langsung mengCopynya. Untuk melihat hasilnya, anda bisa masuk ke program MsPaint, kemudian plih Paste pada menu edit. Maka anda akan melihat tampilan layar monitor anda telah berubah menjadi file gambar. Simpan dan beri nama file tersebut sesuai dengan keinginanmu.🙂

Saya membantu anda sampai sini saja…!!! Selanjutnya anda pastinya punya cara masing-masing untuk berkreasi dengan gambar yang diambil dari layar monitor anda tersebut. Karena saya yakin, saat anda menanyakan bagaimana mengambil gambar dari layar monitor, anda telah memiliki satu atau beberapa program editor gambar yang terinstall di komputer anda.

“Selamat Mencoba!”
🙂 Thank you for visiting my Blog🙂

_______________________

Artikel yang mungkin anda suka:

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 5 Maret 2012, in Komputer, Tips & Trick. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

