Cara Mudah Memblokir Akses ke Situs Tertentu pada Komputer anda


πŸ˜†

Fasilitas online yang terdapat pada komputer kantor seringkali dimanfaatkan oleh karyawan untuk berselancar di situs-situs internet yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilakukannya, terutama saat berada di luar pengawasan pimpinan atau manajer. Keadaan serupa juga bisa terjadi pada komputer pribadi yang terpasang ke jaringan internet, seringkali menimbulkan kekhawatiran akan dimanfaatkan oleh anak-anak untuk membuka situs-situs yang kurang pantas dan tidak bernilai edukatif. Kekhawatiran terhadap penyalahgunaan fasilitas online seperti digambarkan diatas, sebenarnya bisa dihindari dengan cara memblokir situs-situs tertentu yang mungkin tidak sesuai dengan fungsi seharusnya dari disediakannya fasilitas online tersebut.

Berikut ini adalah Tips mudah dalam memblokir akses koneksi ke situs-situs tertentu yang pada komputer anda.

  • Lihatlah riwayat browser yang digunakan dalam aktifitas browsing (Mozilla Firefox, IE, Chrome, dan sebagainya). Situs apa saja yang sering dibuka dan banyak memakan bandwith internet.
  • Buka Windows Eksplorer dan buka file Hosts yang tersimpan di C:\Windows\System32\Drivers\etc\ dan buka file Hosts tersebut dengan Notepad. Melalui Notepad, anda mungkin akan melihat tampilan seperti pada gambar di bawah ini:
  • Tulislah nama situs yang ingin anda blokir dibawah tulisan 127.0.0.1 localhost dengan format seperti pada contoh berikut:
    Contoh:
    Jika anda ingin memblokir situs jejaring sosial seperti Facebook pada komputer. maka tulislah alamat situs Facebook (www.facebook.com) Dengan format seperti pada gambar dibawah ini:
  • Simpan perubahan yang telah anda lakukan pada file Hosts tersebut. Dengan demikian, siapapun yang membuka Komputer anda, tidak akan bisa lagi memanfaatkannya untuk membuka situs http://www.facebook.com. Seolah-olah Facebook terblokir…πŸ™‚πŸ™‚πŸ™‚

Sayangnya, saya tidak bisa mengkhususkan artikel ini hanya bagi kalangan BOSS dan ORTU saja…!! Sehingga jika anda telah memblokir situs-situs tertentu pada komputer anda, pengguna komputer anda yang lain pun masih bisa membuka situs yang anda blokir tesebut, jika dia juga membaca artikel ini…πŸ˜†

😳 LARANGAN KERAS MEMBLOKIR BLOG SAYA DI KOMPUTER ANDA😳
πŸ˜†πŸ˜† Pagar jangan makan tanaman, Dong…!!!πŸ™‚πŸ™‚
(mudah-mudahan saya nggk salah menggunakan pepatah)

______________________

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 6 Maret 2012, in Internet, Komputer, Tips & Trick and tagged , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. gak bs, jg di tulisan yg lain isi sm dg tulisan anda, yo gak bs

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: