Perbedaan Blog dan Website Berbasis WordPress


Banner Adijevois

Artikel ini saya tulis dengan sedikit memaksakan diri, berusaha mengungkapkan apa, siapa, dimana, mengapa dan bagaimana tanpa didasari oleh refernsi yang cukup dan valid. Jadi sebelum anda membaca artikel ini lebih lanjut, saya harap pengertiannya atas keterbatasan kemampuan saya…ūüėÜ

Blog dan Website Berbasis WordPress

Pendahuluan

Hal yang melatar belakangi saya menulis artikel ini adalah keterbatasan pengetahuan saya tentang Jenis WordPress, sehingga saya berusaha mencari tahu dari beberapa sumber, namun saya tidak menemukan data yang saya anggap cukup lengkap dan valid. Selanjutnya saya menulis artikel ini, karena saya yakin, selain saya masih banyak orang-orang yang hilir mudik di dunia maya ini yang melakukan hal senada dengan saya.

Lebih jauh melintasi sejarah, awalnya saya membuat sebuah blog di wordpress.com. Berbagai eksperimen saya lakukan di Blog saya tersebut, mulai dari menulis artikel, menyisipkan smiley pada artikel dan komentar, memasukkan link dalam tulisan, menambah widget, hingga mengkonfigurasi tema blog saya. Dari minat yang besar untuk berkreasi dengan blog wordpress saya tersebut, akhirnya saya sampai pada keinginan yang melebihi kemampuan sebuah blog. seperti ingin membuat image mouse over, komentar facebook, berbagai widget berbasis javascript, dan sebagainya. Dari besarnya keinginan bereksperimen dengan dunia blogging tersebut, akhirnya saya mengenal sebuah istilah yang disebut plugin.

Perbedaan Blog & Website Berbasis WordPress

Perbedaan paling mendasar antara Blog dan Website berbasis WordPress yang dapat saya rasakan adalah plugin dan Java Script. Pada menu admin Blog WordPress, anda tidak akan pernah bisa menemukan adanya menu plugin. Selain itu, dalam Blog WordPress, fungsi Java Script dinonaktifkan atau tidak bisa digunakan.¬†Mengapa demikian?‚Ěď Jawaban yang paling jujur untuk pertanyaan tersebut adalah karena untuk memiliki sebuah Blog di WordPress, anda tidak harus bayar¬†alias Gratis. Sedangkan untuk membuat sebuah website berbasis WordPress, anda harus terlebih dahulu membeli domain dan hosting¬†alias¬†Berbayar. Jadi Plugin dan¬†Java Script adalah fitur WordPress yang membedakan anda Blog dan Website yang berbasis WordPress

Perbedaan lain yang sangat menyolok antara Blog dan Website berbasis WordPress adalah dalam hal proses pembuatannya. Untuk membuat sebuah Blog di WordPress, anda cukup dengan mendaftarkan diri anda di situs WordPress.com dengan mengisi form yang tersedia. Caranya: 

  1. Masuk ke situs WordPress (www.wordpress.com)
  2. Masukkan Username dan Password pada text box yang berada di sisi kiri atas homepage WordPress.com kemudian klik Masuk Log (Login). Apabila anda belum memiliki akun di situs wordpress.com, maka anda harus mendaftarkan diri anda terlebih dahulu dengan mengklik tulisan Daftarkan diri (Sign up) yang juga terdapat di bagian atas halaman awal WordPress.com.
  3. Selanjutnya, anda akan langsung disuguhi dengan halaman untuk membuat sebuah Blog. Apabila nama Blog yang anda masukkan masih tersedia (belum dipakai oleh pengguna lain), maka anda sudah bisa memiliki sebuah Blog di WordPress untuk mengekspresikan diri dan eksistensi anda dalam dunia Blogging di internet.

Teknis pembuatan Website berbasis WordPress, berbeda dengan langkah-langkah untuk membuat Blog WordPress tersebut. Untuk memiliki sebuah website, anda harus terlebih dahulu memiliki Domain dan Hosting sendiri yang ditandai dengan adanya kepemilikan¬†username dan¬†password untuk masuk ke¬†control panel (cpanel) Website anda. (bagi yang belum pernah memiliki website, anda mungkin akan memiliki pemahaman berbeda tentang cpanel…ūüėÜ We’re Sorry… :)¬†) Sekarang pertanyaannya adalah “Bagaimana membuat Website berbasis WordPress…??‚Ěď Caranya:

  1. Masuk ke cpanel website anda. :arrow: Click to Preview
  2. Cari menu Softacolous Apps Installer di Cpanel, dan pilihlah Script WordPress. :arrow: Click to Preview
  3. Selanjutnya, anda akan diarahkan ke halaman Softacolous. Anda tinggal mengklik install yang terdapat di bagian atas halaman tersebut. :arrow: Click to Preview

Intinya, untuk membuat sebuah Blog di WordPress, anda hanya perlu melakukan registrasi di situs wordpress.com, sedangkan untuk membuat website berbasis WordPress, anda harus terlebih dahulu memiliki domain dan hosting sendiri, kemudian install WordPress pada domain atau subdomain yang anda inginkan.

Jika anda mencoba melakukan langkah-langkah membuat Blog dan Website berbasis WordPress di atas, maka anda akan menemukan sebuah perbedaan lainnya, yaitu adanya tulisan “wordpress.com” yang mengikuti nama Blog. Contoh:

Sedangkan pada website berbasis WordPress, tulisan “wordpress.com” tersebut tidak dicantumkan. Hal serupa juga bisa anda temui pada Blog-blog yang tidak berbasis WordPress, seperti Blogger.com,¬†Blogetery.com,¬†Terapad.com,¬†Blogdetik.com, atau mungkin masih banyak layanan Blog lain yang belum saya saya ketahui.

====================================

‚ě° Sebenarnya, saya ada rencana membuat sebuah Blog yang khusus mengupas masalah seputar WordPress, tapi rencana itu saya urungkan, karena setelah saya mencoba browsing, Blog dan Website yang senada dengan rencana saya tersebut sudah cukup banyak, dan bahkan pengetahuan mereka tentang WordPress jauh lebih dalam dibandingkan dengan saya.

Artikel lain tentang Blogging:

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 11 Mei 2012, in Blogging, Internet and tagged , , , . Bookmark the permalink. 11 Komentar.

  1. jadi paham aku.. selama ini gak mudeng..
    kalau ini bener gak keismpulanku, dr bacaan di atas:
    yg blog contohnya : Ini
    yg web contohnya: Itu

    i

  2. “maaf numpang promosiūüėÄ cvelecomp.com Elecomp Software House adalah Software House di Kota Malang yang menerima pemesanan pembuatan adalah Software House di Kota Malang yang menerima pemesanan pembuatan :
    Website (Toko Online, Website Company Profile, Website Pribadi, dll)
    Software / Program Komputer (Program Kasir, Sistem Informasi Koperasi, dll)
    Aplikasi / Game Android dan Komputer
    Video Animasi Company Profile / Multimedia Interactive
    Bimbingan Skripsi Programming Informatika”

  3. Dijual cepat, ruko lokasi sangat strategis area Malang Kota. Harga nego. Bagus untuk investasi, digunakan untuk bisnis, ataupun dikontrakkan. Silakan Hubungi 083834375641. Buruan sebelum keduluan pembeli lain…v

  1. Ping-balik: Statistik Blog 7 Bulan Terakhir « Khairil Yulian

  2. Ping-balik: Budaya COPAS di Kalangan Blogger: Menghambat Kreativitas dan Produktivitas « Khairil Yulian

  3. Ping-balik: Arti "Gan" Dalam Komentar di Forum Internet « Khairil Yulian

  4. Ping-balik: Memasukkan Link ke Halaman yang Sama « Khairil Yulian

  5. Ping-balik: Artikel Terlalu Panjang? « Khairil Yulian

  6. Ping-balik: Perbedaan Website dan Blog Berbasis Wordpress : Khairil Yulian

  7. Ping-balik: Menu Admin Website Berbasis WordPress | Khairil Yulian

  8. Ping-balik: Perbedaan Blog dan Website Berbasis Wordpress | ISRIN ISRAN & OKADA

Berikan Komentar

