Ali bin Abi Thalib Tidak Pernah Memberikan Salam Kepada Umar bin Khattab


Sayyidina Ali bin Abi Thalib tidak pernah memberikan salam kepada Umar bin Khattab dalam setiap mereka berpapasan, sehingga Umar bin Khattab lah yang akhirnya harus mengucapkan salam itu terlebih dahulu. Logikanya Ali sebagai orang yang lebih muda, dialah yang seharusnya lebih dulu mengucapkan salam.

Apa yang dirasakan janggal oleh Umar bin Khattab terhadap kebiasaan Ali bin Abi Thalib ini akhirnya memaksanya untuk mengadukan permasalah ini kepada Rasulullah Saw.

“Ya, Rasulallah, Ali bin Abi Thalib tidak pernah memulai mengucapkan salam kepadaku…” Demikian pengaduan Umar bin Khattab kepada RAsulullah Saw. Rasulullah lalu menanyakan hal itu kepada Ali bin Abi Thalib.

“Benarkah demikian, Wahai Ali?”

“Benar, ya Rasullallah..!!” Ali bin Abi Thalib membenarkan pengaduan Umar bin Khatab itu. Namun tanpa disangka-sangka, Ali kemudian mengemukakan alasannya sebagai pembelaan diri atas apa yang telah dilakukannya.

“Ya, Rasulullah, itu kulakukan karena aku ingin supaya Umar bin Khattab bisa mendapatkan istana di Surga! Seperti yang disabdakan olehmu, ya Rasulullah. Bahwa siapa yang mendahului saudaranya mengucapkan salam, Allah akan mendirikan istana baginya di Surga.

😆

____________________________

Dalam kisah yang saya sajikan di atas, saya tidak mengajarkan kepada anda untuk selalu menunggu orang yang memberi salam terlebih dahulu, seperti halnya yang dilakukan oleh Ali bin Abi Thalib, melainkan sebagai upaya mengajak hati anda untuk berlomba-lomba mengucapkan salam kepada sesama. Saya ingin mengatakan kepada anda betapa sebuah perbuatan yang begitu ringan, seperti mengucapkan salam ini ternyata memiliki ganjaran yang begitu besar, yaitu imbalan berupa istana di Surga. Ternyata begitu mudah untuk mendirikan sebuah Istana di Surga ya?🙂

Mengenai perkara mengucapkan salam ini, diriwayatkan dalam sebuah hadits, Rasulullah Saw pernah mengatakan, “Tidaklah kalian masuk surga hingga kalian beriman. Dan tidaklah kalian beriman hingga saling mencintai. Maukah kalian aku tunjukkan suatu amalan yang jika kalian kerjakan niscaya kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR Muslim)

🙂🙂🙂

Yuk! kita berlomba-lomba membangun Istana di Surga?
Sudah berapa istana yang anda bangun hari ini?

🙂 Smile with me..!!!🙂

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 17 Agustus 2012, in Hikmah, Islam and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: