Menggali Hikmah dari Waktu


    1. Berapapun kekayaan anda, berapapun penghasilan anda, berapapun usia anda, dimanapun anda berada, dan tak perduli siapapun anda….. Kita semua diberikan waktu yang sama, yaitu “24 jam dalam sehari”
    2. Barang yang berserakan di kamar atau di rumah kita, dapat membuat waktu kita terbuang. Pertama, karena kita perlu waktu banyak untuk membereskan kamar, atau kedua, kita akan kesulitan mencari sesuatu yang kita butuhkan karena kamar atau rumah kita berantakan.
    3. Jangan terlalu mengkhawatirkan sesuatu yang belum kita lakukan. Seperti memikirkan, “Bisakan anda melakukannya?” atau “Berapa waktu yang akan anda habiskan untuk melakukannya?” Gelisah akan membuat anda tidak nyaman dalam melakukan pekerjaan anda, dan itu akan berakibat pada efesiensi waktu anda dalam melakukan pekerjaan tersebut.
    4. Untuk sesuatu yang menjadi rutinitas anda, siapkanlah segala sesuatunya jauh sebelum anda melakukannya. Anda tentu tidak menginginkan merasa lelah pada saat anda akan memulai pekerjaan anda, karena anda disibukkan oleh persiapan-persiapan yang mendesak?
    5. Untuk pekerjaan yang menjadi rencana anda, jangan hanya diingat di kepala anda, tetapi catatlah dalam buku agenda kegiatan anda. Selain adanya kemungkinan lupa, anda tentunya juga tidak ingin membebani kepala anda dengan memikirkan sesuatu yang masih jadi rencana?
    6. Hiasi pandangan anda dengan sesuatu yang menyejukkan dan menyenangkan! Kenyamanan dalam bekerja, sangat didukung oleh kenyamanan suasana kerja anda.
    7. Hitunglah berapa penghasilan anda selama 1 bulan. kemudian tanyakan pada diri anda, berapa harga 1 jam pekerjaan saya? Anda akan dapat memikirkan untuk melakukan sesuatu yang diluar rutinitas jika anda merasa 1 jam anda dihargai begitu murah.
    8. Jika anda menghabiskan 10 menit untuk mencari sesuatu yang lupa dimana meletakkannya, maka anda telah menghabiskan lebih dari 60 jam setiap tahun. oleh karena itu, biasakan untuk meletakkan barang anda kembali ke tempatnya.
    9. Apakah anda pernah duduk sendiri di ruang tamu rumah seseorang, karena org yang anda tunggu masih dalam perjalanan pulang? Apa yang anda lakukan untuk waktu anda yang tercuri itu? oleh karena itu, Siapkanlah selalu perlengkapan yang bisa membantu anda mengisi waktu yang mungkin tercuri dari anda.
    10. Hilangnya ide dan kreativitas adalah penghambat efesiensi waktu yang paling mengganggu. Cobalah teknik pembukaan kembali pintu ide dan kreativitas tersebut dengan cara mengambil sehelai kertas dan ballpoint, kemudian tulislah sebuah surat kepada teman anda, dan ungkapkan bahwa anda lagi “Blank”.
    11. Menjaga jalur komunikasi dengan atasan atau dengan bawahan anda. Bandingkan dan perhatikan! adakah anda melihat waktu anda akan lebih efektif dan efisien?
    12. Kesulitan berkonsentrasi atau kehilangan konsentrasi juga merupakan penghambat efektivitas waktu. Cobalah berlatih memahami apa yang anda lakukan. Coba juga mendeteksi diri anda sendiri saat anda kehilangan konsentrasi, dan luangkan waktu 5 menit coba kembali memahami apa yang anda lakukan.
    13. Sebelum anda memulai pekerjaan anda, pikirkan terlebih dahulu, adakah kewajiban yang belum anda lakukan. Masih adanya beban kewajiban yang belum anda laksanakan akan dapat mengganggu pekerjaan dan konsentrasi anda.
    14. Jika ada orang yang meminta bantuan anda, maka katakan “YA” dan bantulah dia! Tetapi jika anda memang tidak bisa membantunya, karena anda memang tidak punya waktu atau alasan lain, maka jangan katakan “TIDAK”. Berikanlah solusi kepadanya, atau hubungi teman anda yang mungkin bisa membantunya.
    15. Tetapkan batas waktu penyelesaian suatu pekerjaan, dan tetapkan pula target anda pada batas akhir penyelesaian pekerjaan anda tersebut. Dengan begitu anda akan bisa memilih untuk terus membuang waktu anda dalam pekerjaan itu, atau membuangnya pada pekerjaan lain yang lebih produktif.
    16. Tetapkanlah 1 hari sebagai hari libur bagi anda! Gunakan saat-saat libur anda dengan memikirkan sesuatu yang tidak berhubungan dengan pekerjaan anda! Hari-hari sisanya adalah waktu untuk anda bekerja.
    17. Jika anda mempunyai gaya hidup yang excelent, maka anda harus bisa menggunakan waktu anda untuk lebih banyak mengumpulkan pengalaman daripada mengumpulkan benda-benda.
    18. Jika anda merasa memiliki terlalu banyak tugas, dan merasa semuanya adalah prioritas yang sangat mendesak. maka kerjakanlah terlebih dahulu pekerjaan yang memberikan kepuasan bagi anda. Pertimbangkan dulu semua pekerjaan tersebut dengan sebuah pertanyaan, “Apa yang saya rasakan saat pekerjaan ini saya selesaikan?”
    19. Anda dapat menghemat waktu anda dengan memulai suatu pembicaraan langsung mengatakan tentang apa yang anda ingin bicarakan dengannya.
    20. Hal terburuk dari menunda-nunda pekerjaan adalah pekerjaan tersebut akan terus membesar dan semakin menumpuk.
    21. Produktifkan waktu istirahat anda dengan sesuatu yang membuat anda santai.
    22. Terkadang waktu melamun adalah waktu yang berkualitas.

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 17 Agustus 2012, in Hikmah, Motivasi Hidup and tagged , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: