Cara Menutup Akun Facebook Kerabat Yang Telah Meninggal Dunia


Ketika seorang pemilik akun Facebook meninggal dunia, maka tentu saja ia tidak akan bisa lagi melakukan apa-apa terhadap akun Facebooknya, jangankan untuk membuat status atau mengomentari status teman, untuk masuk ke akun facebooknya saja sudah tidak mungkin (kecuali ada teman atau kerabat yang mengetahui email dan password akun Facebooknya). Karena dia tidak mampu melakukan apa-apa terhadap akun Facebooknya tersebut, maka akun Facebooknya tersebut akan tetap ada di internet, meskipun sudah tidak tampak adanya aktivitas lagi sejak ia meninggal.

Untuk kasus pemilik akun Facebook yang meninggal dunia seperti di atas, sebenarnya ada satu halaman di Facebook yang memungkinkan bagi para teman atau keluarga dari pemilik akun Facebook yang meninggal dunia tersebut untuk menutup akun Facebooknya untuk selama-lamanya atau ingin menjadikan akun Facebooknya sebagai akun kenangan.

  1. Permintaan Menutup Akun Facebook Seseorang Yang Telah Meninggal Dunia
    Permintaan Khusus ini bisa dilakukan oleh keluarga atau teman dekat pemilik akun Facebook yang meninggal dunia. Melakukan permintaan khusus ini dilakukan jika pihak keluarga atau teman pemilik akun Facebook yang meninggal dunia menginginkan akun Facebooknya ditutup untuk selama-lamanya.
    Caranya dengan mengisi form permintaan khusus seperti pada gambar di bawah ini:
  2. Permintaan Untuk Menjadikan Akun Facebook Kenangan
    Dengan menjadikannya sebagai akun Facebook Kenangan, maka semua data dan aktivitas yang ada di akun Facebook orang yang telah meninggal dunia tersebut akan tetap ada, namun pihak Facebook akan melindungi akun tersebut, sehingga tidak ada seorangpun yang dapat menggunakan akun tersebut.
    Cara menjadikan akun Facebook seseorang yang telah meninggal dunia sebagai akun kenangan adalah dengan mengisi form “Memorialization Request” seperti di bawah ini.

Dengan kedua opsi tersebut, maka pihak keluarga atau teman pemilik akun Facebook yang meninggal dunia dapat menutup selama-lamanya akun Facebook tersebut, atau hanya menjadikannya sebagai akun kenangan.

Ulasan Khairil Yulian Tentang Kematian Pemilik Akun Facebook

Facebook menyediakan kedua halaman form tersebut tentunya karena menyadari bahwa seorang pemilik akun Facebook yang telah meninggal dunia tentunya tidak akan bisa menutup akunnya, atau menulis status “Selamat Tinggal” atau “Good Bye” sebagai status terakhirnya. Karena jika seseorang telah meninggal dunia, maka segala hal yang berhubungan dengan dunia akan terputus. Namun Dalam Islam, masih ada tiga hal yang tiga hal yang tidak akan terputus, meskipun ia telah meninggal dunia.

  1. Shadaqah Jariyah
    Jika anda pernah memberikan shadaqah dalam hidup anda, dan shadaqah yang anda keluarkan tersebut terus dimanfaatkan orang untuk kebaikan, maka pahala atas shadaqah jariyah tersebut akan terus mengalir pada anda selama ia masih dimanfaatkan oleh orang lain.
  2. Ilmu Yang Bermanfaat
    Anda mungkin bukan orang kaya yang mampu bershadaqah jariyah dengan jumlah yang besar dan memberi manfaat bagi orang banyak, tetapi anda masih mampu untuk berbagi (share) ilmu, pengetahuan, wawasan atau pengalaman kepada orang lain. Berharaplah ilmu pengetahuan atau pengalaman yang telah anda sampaikan tersebut bermanfaat bagi orang lain. Karena jika ilmu pengetahuan atau pengalaman yang anda bagikan tersebut bermanfaat bagi orang lain, maka kematian tidak akan bisa menghentikan aliran pahala yang anda terima.
  3. Anak Yang Shaleh
    Memiliki anak yang shaleh mungkin adalah harapan semua orang tua, karena memiliki seorang anak yang shaleh itu bukan hanya  memberikan kebanggan terhadap orang tua dan nama baik keluarga, tetapi lebih dari itu, seorang anak yang shaleh akan memberinya pahala yang tak putus-putus meskipun kematian telah memutus hubungannya dengan dunia.

Referensi Dalil Naqli:

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ

إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Artinya: “Apabila seseorang telah meninggal dunia, maka terputuslah segalanya amal perbuatannya, kecuali atas 3 perkata: Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendo’akan orang tuanya”. (HR.Muslim)

Permintaan Menutup Akun Facebook Seseorang Yang Telah Meninggal Dunia
Permintaan Untuk Menjadikan Akun Facebook Kenangan

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 24 Oktober 2012, in Facebook, Islam, Sosial, Tips & Trick and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

  1. Mengget ogek bacananen, tah dikunelken en fb na, Sedih hambing menengen na,, Agal,,

  2. Subhanallah,,,(berikanlah ketenangan dia disana, dan aku disini ya Allah ya Rabb,,,,) Aamiin,,

  3. cara mendapatkan form itu dimana adanya

  4. Thnk you

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: