Promo Awal Tahun 2013


Promo Cabang Ratu Zaleha

Pada awal tahun 2013 ini, Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) yang berdiri sejak tanggal 4 Juli 2011 di Jln. Harmoni 2 RT.24 No.30 Pekapuran Raya – Banjarmasin, kembali melebarkan sayap dakwahnya dengan membuka 2 cabang baru yang berlokasi di Jln. Gunung Sari Ujung RT.25 No.7 Teluk Dalam – Banjarmasin, dan di Jln. Ratu Zaleha RT.10 RW.4 No.7 Karang Mekar – Banjarmasin.

Saya kebetulan dipercaya untuk memimpin QIE Cabang Ratu Zaleha. Ini merupakan tanggung jawab besar bagi saya, karena saya harus berpikir cerdas dan kreatif untuk membangun pondasi awal Cabang QIE. Ada 2 hal yang saya prioritaskan dalam upaya membangun cabang QIE, yaitu: Performance dan Quality.

  1. Performance (Tampilan)
    Saya harus bisa menciptakan konsep cover yang menarik, sehingga orang tertarik untuk masuk dan bergabung dengan Lembaga Bimbingan Belajar QIE yang saya kelola.
  2. Quality (Mutu)
    Selain tampilan yang menarik, saya juga berharap bisa memberikan teknik bimbingan belajar yang berkualitas, sehingga orang yang masuk tidak akan merasa tertipu oleh kulitnya yang menarik.

Melalui Blog Pribadi saya ini, saya mencoba menyajikan konsep Bimbingan Belajar Berbasis Karakter dan Spiritual yang menjadi ciri khas Quantum Islamic Education (QIE) dan berharap Cabang Lembaga Bimbingan Belajar yang saya pimpin ini bisa diterima secara konsep dan mendapat dukungan dari semua pihak.😆

Kelas dan Metode Pembelajaran

Kelas bimbingan Quantum Islamic Education (QIE) disesuaikan dengan tingkat kelas siswa di sekolahnya, sehingga materi yang akan diterima oleh siswa dalam satu kelas bimbingan akan sesuai dengan tingkat pelajaran yang diterimanya di sekolah.

Jumlah peserta bimbingan belajar dalam satu kelas, berkisar antara 10 sampai 15 orang siswa. Hal ini bertujuan agar proses kegiatan bimbingan belajar bisa lebih efektif. Dengan jumlah siswa yang tidak terlalu banyak, guru bisa memaksimalkan penyampaian materi dan kontrol terhadap aktivitas kelas, dan siswa juga diharapkan bisa menerima pelajaran dengan lebih baik.

Satu kali pertemuan dalam kegiatan bimbingan untuk pelajaran umum adalah 2 jam pelajaran atau 2x 45 menit. Integrasi bimbingan karakter dan spiritual tidak mengurangi kualitas dan kuantitas kegiatan bimbingan untuk pelajaran umum. Dengan frekuensi 3 sampai 4 kali pertemuan dalam satu minggu, diharapkan visi dan misi untuk menyelenggarakan kegiatan bimbingan belajar berbasis karakter dan spiritual yang berkualitas akan tercapai.

Tenaga pengajar dalam Kegiatan Bimbingan belajar Quantum Islamic Education adalah tutor yang memang menguasai di bidangnya dan telah dilatih dan siapkan untuk memberikan bimbingan belajar yang terintegrasi antara pelajaran umum dengan pendidikan karakter dan spiritual.

Proses bimbingan belajar di Quantum Islamic Education tidak menggunakan sistem guru kelas, melainkan guru bimbingan, artinya seorang tenaga pengajar (Tutor) hanya mengajar materi yang sesuai dengan bidang yang dikuasainya. Hal ini bertujuan agar siswa bisa lebih memahami materi pelajaran yang diberikan, karena disampaikan oleh tenaga pengajar yang berkompeten di bidangnya.

Paket Bimbingan Belajar

Untuk Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) Cabang Ratu Zaleha, tersedia 3 (tiga) Paket Bimbingan yang masing-masing telah terintegrasi dengan bimbingan karakter dan spiritual yang merupakan visi dan misi Quantum Islamic Education. Paket-Paket Bimbingan Belajar tersebut, adalah sebagai berikut:

A. PAKET REGULER

Paket Reguler adalah Paket Bimbingan Belajar yang mencakup bimbingan untuk beberapa mata pelajaran sekaligus. Mata Pelajaran umum yang termuat dalam Paket ini antara lain: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Arab, Matematika, dan IPA.

Kelas yang ditawarkan untuk Paket Reguler ini bisa dilihat dalam tabel di bawah ini:

 No

Tingkat

Kelas

Pertemuan

Keterangan

1.

SD/MI/Sederajat

I  s/d  VI

4x  perminggu

2.

SMP/MTs/Sederajat

VII  s/d  IX

4x  perminggu

B. PAKET KHUSUS

Paket Khusus adalah Paket Bimbingan Belajar yang diberikan untuk siswa (mulai dari tingkat TK/RA (anak pra sekolah), SD/MI/sederajat, sampai siswa SMP/MTs/sederajat) yang hanya ingin mendapatkan bimbingan untuk satu mata pelajaran saja.

Kelas yang ditawarkan untuk Paket Khusus ini bisa dilihat dalam tabel di bawah ini.

No

Kelas

Tingkat

Pertemuan

Keterangan

1.

CALISTUNG (Baca, Tulis, Berhitung) TK dan SD

3x perminggu

2.

Al-Qur’an TK, SD dan SMP

3x perminggu

3.

Matematika SD dan SMP

3x perminggu

4.

Bahasa Inggris SD dan SMP

3x perminggu

5.

Bahasa Arab SD dan SMP

3x perminggu

6.

IPA SD dan SMP

3x perminggu

7.

TIK (Komputer) SD dan SMP

3x perminggu

C. PAKET PRIVATE

Paket Private adalah Paket Bimbingan Belajar yang tidak menggunakan sistem kelas, melainkan sistem satu guru untuk satu anak. Proses Kegiatan untuk Paket Private ini tidak dilaksanakan di rumah siswa, namun tetap di ruangan khusus pada Lembaga Bimbingan Belajar untuk menjaga tetap terlaksananya Visi dan Misi Quantum Islamic Education (QIE) dalam mengintegrasikan bimbingan karakter dan spiritual dalam materi bimbingan pelajaran umum.

Materi Bimbingan Belajar

Materi Bimbingan Belajar di Quantum Islamic Education (QIE) secara umum adalah mata pelajaran yang terdapat di sekolah tempat siswa menerima pendidikan formal, karena pada dasarnya kegiatan Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) adalah untuk membantu prestasi belajar siswa di sekolah. Namun dengan konsep bimbingan belajar yang terpadu sesuai dengan Visi dan Misi Quantum Islamic Education (QIE), maka materi Bimbingan Belajar yang diberikan secara umum bisa dikelompokkan sebagai berikut:

A.      Bimbingan Akademis

Bimbingan Akademis adalah bimbingan belajar untuk mata pelajaran yang diberikan di sekolah. Bimbingan akademis ini diberikan sesuai dengan tingkat pendidikan siswa di sekolahnya.

B.      Bimbingan Karakter

Bimbingan karakter adalah bimbingan untuk membentuk anak yang memiliki akhlak yang mulia, berkepribadian yang islami, serta memahami secara mendalam tentang tata sopan santun dalam bertingkah laku di dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Bimbingan Do’a Harian

Peserta Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) juga akan dibimbing dalam pembiasaan membaca do’a dalam setiap aktivitas kesehariannya. Metode menghafal yang efektif dan pembiasaan akan sangat mendukung proses bimbingan ini.

D.      Bimbingan Al-Qur’an dan Hadits

Konsep bimbingan belajar berasaskan Islam yang dilaksanakan oleh Quantum Islamic Education (QIE) menjadikannya tidak bisa lepas dengan pengintegrasikan Bimbingan Al-Qur’an dan Hadits sebagai asas ajaran Islam

E.       Bimbingan Ibadah/Fiqh

Permasalah ibadah juga tidak bisa dilepaskan dengan Visi dan Misi membentuk anak yang berkarakter dan berwawasan spiritual, oleh sebab itu bimbingan ibadah ini juga diitegrasikan dalam kegiatan bimbingan belajar di Quantum Islamic Education (QIE)

F.       Bimbingan Kemandirian

Bimbingan kemandirian adalah bentuk bimbingan lain yang juga diberikan di Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE). Bentuk bimbingan ini bersifat ekstakurekuler yang diformulasi dalam kegiatan “Malam Bina Iman dan Takwa” (MABIT) yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan.

Pendaftaran Siswa Baru 

A. TEMPAT DAN WAKTU PENDAFTARAN

Registrasi (pendaftaran) siswa baru Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) cabang Ratu Zaleha bisa dilakukan di Kantor QIE Cabang Ratu Zaleha yang beralamat di Jln. Ratu Zaleha RT.10 RW.4 No.7 Karang Mekar, Banjarmasin. Pendaftaran siswa baru bisa dilakukan setiap hari kerja, dari jam 08.00 – 18.00 Wita.

B. PERSYARATAN

➡ Mengisi Formulir Pendaftaran (disediakan di tempat pendaftaran)

:arrow:  Menyerahkan Pasphoto 3 x 4 (2 lembar)

:arrow:  Membayar uang Registrasi (pendaftaran) dan Iuran Bulanan (SPP)

C. TEKNIK DAN BIAYA PENDAFTARAN

Dalam proses registrasi (pendaftaran) siswa baru, Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) cabang Ratu Zaleha memberikan beberapa teknis registrasi, yaitu sebagai berikut:

1.       Registrasi Normal

Biaya registrasi (pendaftaran) siswa baru Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education (QIE) adalah Rp.50.000,- (Lima Puluh Ribu Rupiah).

2.       Registrasi Siswa Berprestasi

Biaya registrasi untuk siswa yang berprestasi di sekolahnya adalah Rp.25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah). Persyaratan tambahan: menyertakan photokopi hasil belajar (Raport).

3.       Registrasi Berantai (Sponsorship)

Registrasi Berantai, yaitu mengajak teman untuk mendaftar. Dengan mengajak 2 orang teman, maka uang registrasi siswa yang bersangkutan akan dikembalikan.

4.       Registrasi Bersaudara

Registrasi untuk siswa yang bersaudara, hanya dihitung untuk registrasi satu siswa saja.

5.       Registrasi Bersama

Registrasi Bersama adalah registrasi yang dilakukan oleh beberapa orang siswa sekaligus, dengan ketentuan sebagai berikut:

No

Registrasi Bersama

Biaya Registrasi

Keterangan

1

5 orang siswa

Rp.30.000,-

Per siswa

2

10 orang siswa

Rp.20.000,-

Per siswa

3

15 orang siswa

Rp.10.000,-

Per siswa

BIAYA REGISTRASI DAN IURAN BULANAN

 

NO

PAKET

REGISTRASI (Rp)

IURAN BULANAN (Rp)

1 Bulan

3 Bulan

6 Bulan

1 Tahun

1.

Paket Reguler
a- SD/MI/Sederajat

50.000

100.000 250.000 475.000 900.000
b- SMP/MTs/Sederajat

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000

2.

Paket Khusus
a- Kelas Calistung

50.000

100.000 250.000 475.000 900.000
b- Kelas Matemetika

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000
c- Kelas Bahasa Inggris

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000
d- Kelas Al-Qur’an

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000
e- Kelas IPA

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000
f. kelas TIK (Komputer)

50.000

150.000 400.000 700.000 1.200.000

3.

PAKET Private

50.000

35.000/pertemuan

1. Registrasi

Pembayaran uang registrasi (pendaftaran) hanya dilakukan pada awal mengikuti kegiatan bimbingan belajar di Quantum Islamic Education.

2. Iuran Bulanan/SPP

Jumlah biaya iuran bulanan berbeda-beda untuk masing-masing paket bimbingan. Iuran bulanan bisa dibayarkan perbulan, per 3 bulan, per 6 bulan, atau per tahun.

:arrow: BERSAUDARA

Bagi peserta Bimbingan Belajar yang bersaudara (memiliki saudara yang juga peserta Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education), maka iuran bulanan/SPP untuk masing-masing anak akan dipotong Rp.25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah)

:arrow:  BERPRESTASI

Bagi peserta Bimbingan Belajar yang berprestasi di sekolah, maka untuk iuran bulanan/SPP dipotong Rp.25.000,- (Dua Puluh Lima Ribu Rupiah) dari biaya normal.*)

:arrow:   BEASISWA

Bagi siswa yang kurang mampu, Lembaga Bimbingan Belajar Quantum Islamic Education memberikan keringanan biaya SPP/iuran Bulanan sebesar 50% dari biaya normal. Persyaratan tambahan untuk mendapatkan paket beasiswa ini adalah dengan menyertakan Surat Keterangan kurang mampu dari Ketua RT/Kelurahan setempat pada saat pendaftaran.

About Khairil Yulian

Khairil Yulian Ibn Ruslan Abd al-Ghani Ibn Abd al-Syukr al-Siddiq

Posted on 15 Januari 2013, in Informasi, Islam, Pendidikan and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Berikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: